>

Unity Tutorial : Langkah Deploy/Build Game ke dalam Android.

Semarang hujan terus pemirsah, intensitas hujannya sangat deras sangat besar sebesar keinginan diri ini untuk lulus #daakumahapaatuh. Jadi gini, kalo misal udah bikin game dengan Unity, udah bagus-bagus dan pingin nge-deploy ke Android tapi gatau caranya, nah, mungkin tulisan ini bisa membantu. Unity yang aku gunakan disini adalah versi 5.2.3.
 
Langkahnya :


  •  Siapkan project yang mau kamu deploy/build ke Android.
  •  PC/Laptop kamu harus terinstall SDK Android. Download disini. Scroll ke bawah, sampai pada SDK Tools Only. Tinggal kamu pilih OS yang kamu gunakan. Langkah install SDK nya tinggal kamu next, next terus nanti pilih folder untuk simpan package SDK nya. 



  • Kalau project sudah siap, SDK sudah siap, selanjutnya adalah kamu balik ke Unity kamu. Pada menu bar Edit, klik Preferences > External Tool. Nanti dibawah akan ada upload box untuk SDK Android. Kamu tinggal klik Browse, pilih folder tempat kamu simpan package SDK nya.
 
  • SDK sudah, pilih menu Edit > Project Settings > Player. Kamu harus mengisi Company Name, Product Name, dan icon.
 
  • Selanjutnya masih di tab Player, kamu juga diwajibkan mengisi BundleIdentifier. Scroll ke Bawah, buka Other Setting, isi kolom tersebut dengan “com.mydomain.gamename” atau bisa diubah sesuai format diatas.
-
BACA JUGA : "Cara Berpindah Halaman/Activity pada Aplikasi Android"

  • Setelah itu, klik menu File > Build Settings. Masukan scene yang ingin kamu sertakan dalam proses build/deploy ini caranya bisa dengan drag scene ke dalam window tersebut. Jangan lupa untuk memilih Android pada pilihan Platform.


  • Klik Build dan nanti akan diminta menentukan folder target untuk menyimpan file APK, file APK ini bisa kamu simpan di folder manapun.
  •  Game kamu sudah siap di install di Android!
Nah begitu Langkah Deploy/Build Game Unity ke dalam Android. Semoga bermanfaat bagi kamu kamu yang membutuhkan! 



65 komentar:

  1. gan mohon infonya gan,, ane buildnya ga bisa ada tulisannya buildfailure

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba gan bisa dilihat errornya seperti apa, ini dulu make seri unitynya 5.0 dan sdknya kalo gasalah sih seri 18 atau pas kitkat gan

      Hapus
  2. Gan mau tanya kalau saya build apk tapi gameobject nya gak muncul di android, itu kesalahan dimana ya soalnya di unity nya normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa sih yang menyebabkan hal itu yang saya baca diantaranya
      1. bug di unity. Bisa jadi versinya emang ada bugnya jadi coba versi unitynya diturunin atau dinaikin. Kalo yg saya temukan sih versi 5.01f bermasalah.
      2. Tidak support gameobjectnya di androidnya. Ini yang rumit dari android, harus buat versi yang kompetibel disemua versi android. Misal untuk android 4.0 berbeda dengan versi 5.0.
      Kemarin waktu membuat tutorial ini menggunakan unity 5 dan versi android 4.0 dan 4.4 kalau tidak salah

      Hapus
  3. Gan ane udah berhasil build ke apk, tp setelah dibuka di hp ada bacaan "There was a problem p[arsing the package"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada 3 penyebabnya :
      1. File APK Corrupt
      2. “Allow instalation of apps from Unknown Sources” fitur ini dimatikan.
      3. Tidak kompatibel APK dengan OSnya

      Untuk nomor 2 berbeda2 tiap hp atau mungkin OSnya, kalau saya di Samsun9 dgn versi android 5.0.1 biasanya setiap kita menginstall APK bukan dari google playstore maka akan ada warningnya.

      Umumnya caranya seperti ini.
      1. menu Device Settings
      2. Scroll down dan klik Applications
      3. Sekarang ceklist pada kota “Unknown Sources” untuk mengijinkan
      instalasi dari aplikasi non market.

      Hapus
  4. mohon infonya gan, ini kenapa ya kira kira?

    Failed to recompile android resource filse. See the Console for details.

    -Build completed with a result of 'Failed'
    UnityEngine.GUIUtility:ProcessEvent(Int32, IntPtr)


    -UnityEditor.BuildPlayerWindow+BuildMethodException: 4 errors
    at UnityEditor.BuildPlayerWindow+DefaultBuildMethods.BuildPlayer (BuildPlayerOptions options) [0x00207] in C:\buildslave\unity\build\Editor\Mono\BuildPlayerWindowBuildMethods.cs:172
    at UnityEditor.BuildPlayerWindow.CallBuildMethods (Boolean askForBuildLocation, BuildOptions defaultBuildOptions) [0x00050] in C:\buildslave\unity\build\Editor\Mono\BuildPlayerWindowBuildMethods.cs:83
    UnityEngine.GUIUtility:ProcessEvent(Int32, IntPtr)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tau seri untiynya seri berapa sama jdknya?
      ini tutorial yang dibuat pada tahun 2016, ada issue bug di unity seri 2017 dan persis seperti ini

      Hapus
    2. pake Unity 2017.2(64-bit), JDK 9.0.1
      mohon infonya dong gan

      Hapus
    3. ada macam2 sih cara memperbaikinya. jadi saya kasih link referensinya aja. Karena banyak solusinya yang ditawarkan mungkin bisa di coba satu persatu. https://answers.unity.com/questions/1380921/build-failed-with-errors-at-unityeditorbuildplayer.html?page=1&pageSize=5&sort=votes

      Hapus
  5. Gan mw na.a saya suda build APK di unity tp kti game di instal di android samsung galaxy core2 versi 4.4.2 ada pesan aplikasi tidak di instal tp di coba di instal d android oppo dg versi android yg sama bisa gan.. kira" itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. “Allow instalation of apps from Unknown Sources” fitur ini mungkin penyebab tidak bisa diinstall di hp. Jadi di android ada fitur keamanan dimana handphone tidak dapat diinstal aplikasi dari sumber lain, jadi hanya aplikasi2 yg sudah ada di playstore saja yang bisa diinstall.

      Secara umum sih seperti ini cara agar bisa install aplikasi dari non google play.
      1. menu Device Settings
      2. Scroll down dan klik Applications
      3. Sekarang ceklist pada kota “Unknown Sources” untuk mengijinkan instalasi dari aplikasi non market.

      Hapus
  6. gan mau nanya.. saya pake unity 5.3.5.. saya build terus.. keterangan " unable to list target platforms. please make sure the android sdk path is correct. see the console for me details" . cara mengatasinya gimana gan? mkasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ini gan.
      https://answers.unity.com/questions/1323731/unable-to-list-target-platforms-please-make-sure-t.html

      Hapus
    2. terimaksih banyak gan... :) successs

      Hapus
  7. gan, mohon maaf nih melenceng sedikit dari topik pembahasan.. kira kira file yang ber ekstensi .unity3d bisa dikonvert gak gan ke audio? maaf kurang ilmu saya XD

    BalasHapus
  8. Gan gua mw nanya pas gua upload ke playstore kenapa yg muncul gagal upload debug padahal gua udah buat keystorenya kenapa y gan kasih tau ? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana pesan errornya gan? pas debug coba make keystorenya juga

      Hapus
  9. kak mau tanya, ketika build projectnya itu muncul tulisan "unable to list target platforms. please make sure the android sdk path is correct" itu gimana ya kak cara benerinnya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ini siapa tau bisa. pernah ada yang nanya kasus ini juga sebelumnya
      https://answers.unity.com/questions/1323731/unable-to-list-target-platforms-please-make-sure-t.html

      Hapus
  10. Gan. Kalo pakek unity 5.3.6p1 itu sdk toolnya. Versi pakek versi yang berapa gan. Soalnya. Tak supoort pakek yang sdk r24.4.. mohon bimbingannya gan !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari release notenya sih harusnya support kok. yang versi baru unity belum coba sih soalnya include visual studio dan repot install2nya. Belom coba sih install yang standalone unitynya

      Hapus
    2. Terima kasih gan. Infonya.

      Hapus
  11. Bang mau tanyak bang. Kalo lokasi kurang mendukung. Pada sdk itu kenapa yaah bang. Padahal mau build pas. Lokasi kurang didukung. Seperti itu bang. Maksudnya. Lokasi sdk nya bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah apa itu ya? mungkin lokasi penyimpanan sdknya kali downloadnya ada yg corrupt filenya. Mungkin pesan errornya bisa dalam bahasa inggris

      Hapus
  12. gan mau nanya knp pas unity mau build apk yg ada keystore nya eror tapi pas gaada keystore nya sukses
    ane pake yg 2017.1
    jdk 1.8 sdk nya belum update lagi

    BalasHapus
  13. Halo kak, mau tanya
    Saya lg mau buat tugas akhir gunain tool unity 3d. Tapi gunain yg personal (free), itu nanti support publish jadi APK android gak mas? Atau harus gunain yang pro ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu sih gamasalah, cuman setiap aplikasi jalan ada (launcher aplikasi) logo unitynya aja.
      kalo seri yang pro bisa diganti logo unitynya.

      Hapus
  14. Gan saya mau.knp yah saat mau build ada pesan gradle build failed.mohon penjelasannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba error lengkapnya gimana gan? terlalu umum soalnya kalo cuman gradle build failed

      Hapus
  15. kok sdk yg d kasih dlu sama sekarang beda ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya agak beda gan, soalnya sekarang unitynya bisa di include sama visual studio. dan pastinya seri sekarang lebih berat dibanding seri ketika post ini ditulis.

      Hapus
    2. tambahan, sekarang android studio yang megang. agak ribet target sdknya, atau mungkin android studio sekarang udah langsung ada sdknya di jenis2 smartphone terbaru atau bagaimana saya belum paham karena keterbatasan source yang saya miliki untuk ngulik android lagi gan.

      Hapus
  16. Bang Gilang Aditya Pamungkas
    Mnt komtak nya
    Sy mw nnya penting.
    Wa ke saya
    08999239200

    BalasHapus
  17. gan maaf saya kan pakai unity 2017 3.0, terus saya build untuk android, muncul tulisan "gradle build failed", padah saya udh coba ganti2 versi jdk tetep aja beitu, bagaimana ya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas irman maulana, terlalu umum mas kalo yang hanya disampaikan gradle build failed, dibawahnya ada penyebab2nya soalnya di command error tersebut. paling umum hal yg menyebabkan itu sih androidmanifest.xml di targetSDKversionnya.

      Hapus
  18. Gan pas mau browse folder sdknya kok mental ya, jadinya gk mau nginput folder sdknya, pas dipilih selalu balik ke explorer

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ane ga pernah ngalamin hal begitu sih selama ini gan

      Hapus
    2. Sama saya juga gitu mental terus knapa ya. Saya pake unity terbaru.

      Hapus
    3. Saya gapernah ngalamin hal itu sih selama ini, entah mungkin seri SDKnya terlalu rendah jadi udah ga disupport atau bagaimana. tapi saya baca-baca mungkin bisa menjadi solusi.
      1. Privilage User Windows dan windowsnya dijadiin setara administrator. Kalo windows terutama 10 (di 7 saya baik-baik aja karena saya dulu set jadi administrator) kalo privilagenya bukan admin suka mental lagi.
      2. https://answers.unity.com/questions/870655/cant-find-android-sdk-root-folder-when-first-tryin.html
      3. https://stackoverflow.com/questions/29099636/cant-find-sdk-folder-inside-android-studio-path-and-sdk-manager-not-opening
      Semoga bisa gan, ga pernah sama sekali sih ane dulu begitu. Unity versi sekarang juga saya belum review lagi karena berat dan pekerjaan saya sudah tidak berhubungan dengan unity lagi

      Hapus
  19. bang saya may tanya, saya udah build game jd file apk dan gak ada eror sama sekali. tapi pas udah diinstal di hp, pas sya buka gamenya selalu langsung ke tutup , ini kira2 kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rebuild paling, atau mungkin seri sdknya ga cocok dengan os hp atau scriptnya ada yg gajalan gan.

      Hapus
  20. Maaf Bang mo tanya.. ane newbie banget, klo muncul error pada saat proses built apk :

    AndroidManifest.xml Line 5, position 33.
    Mono.Xml2.XmlTextReader.Expect (Int32 expected)
    Mono.Xml2.XmlTextReader.ReadStartTag ()
    Mono.Xml2.XmlTextReader.ReadContent ()
    Mono.Xml2.XmlTextReader.ReadContent ()
    Mono.Xml2.XmlTextReader.Read ()
    System.Xml.XmlTextReader.Read ()..

    Solvingnya gimana bang? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  21. ada banyak sih gan penyebabnya, tapi coba ini
    Solusi

    BalasHapus
  22. Min, minta bantuannya. Saya mau build APK AR tapi ada error ini, bagaimana yaaa?
    Win32Exception: ApplicationName='C:/Users/Rif'an/AppData/Local/Android/sdk\tools\aapt.exe', CommandLine='package --auto-add-overlay -v -f -m -J "gen" -M "AndroidManifest.xml" -S "res" -I "C:/Users/Rif'an/AppData/Local/Android/sdk\platforms\android-27\android.jar" -F bin/resources.ap_', CurrentDirectory='Temp/StagingArea'
    System.Diagnostics.Process.Start_noshell (System.Diagnostics.ProcessStartInfo startInfo, System.Diagnostics.Process process)
    System.Diagnostics.Process.Start_common (System.Diagnostics.ProcessStartInfo startInfo, System.Diagnostics.Process process)
    System.Diagnostics.Process.Start ()
    (wrapper remoting-invoke-with-check) System.Diagnostics.Process:Start ()
    UnityEditor.Utils.Program.Start (System.EventHandler exitCallback) (at C:/buildslave/unity/build/Editor/Mono/Utils/Program.cs:44)
    UnityEditor.Utils.Program.Start () (at C:/buildslave/unity/build/Editor/Mono/Utils/Program.cs:28)
    UnityEditor.Android.Command.Run (System.Diagnostics.ProcessStartInfo psi, UnityEditor.Android.WaitingForProcessToExit waitingForProcessToExit, System.String errorMsg)
    UnityEditor.Android.PostProcessor.Tasks.TasksCommon.Exec (System.String command, System.String args, System.String workingdir, System.String errorMsg, Int32 retriesOnFailure)
    UnityEditor.Android.PostProcessor.Tasks.BuildResources.CompileResources (UnityEditor.Android.PostProcessor.PostProcessorContext context)
    UnityEditor.Android.PostProcessor.Tasks.BuildResources.Execute (UnityEditor.Android.PostProcessor.PostProcessorContext context)
    UnityEditor.Android.PostProcessor.PostProcessRunner.RunAllTasks (UnityEditor.Android.PostProcessor.PostProcessorContext context)
    UnityEditor.Android.PostProcessAndroidPlayer.PostProcess (BuildTarget target, System.String stagingAreaData, System.String stagingArea, System.String playerPackage, System.String installPath, System.String companyName, System.String productName, BuildOptions options, UnityEditor.RuntimeClassRegistry usedClassRegistry)
    UnityEditor.Android.AndroidBuildPostprocessor.PostProcess (BuildPostProcessArgs args)
    UnityEditor.PostprocessBuildPlayer.Postprocess (BuildTargetGroup targetGroup, BuildTarget target, System.String installPath, System.String companyName, System.String productName, Int32 width, Int32 height, System.String downloadWebplayerUrl, System.String manualDownloadWebplayerUrl, BuildOptions options, UnityEditor.RuntimeClassRegistry usedClassRegistry, UnityEditor.BuildReporting.BuildReport report) (at C:/buildslave/unity/build/Editor/Mono/BuildPipeline/PostprocessBuildPlayer.cs:186)
    UnityEditor.HostView:OnGUI()

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada dua kemungkinan:
      1. Ga ada android build tools yang terinstall
      2. Coba download android sdk tools yang terbaru dan stable version

      Hapus
  23. gan ko ane udh berhasil tapi ko pas tampil malah gede2 buttonnya ya? solusi dong gan

    BalasHapus
  24. gua udh berhasil jadi apk, pas gw install button berubah semua. tolong sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. resoulusi build sama target (hpnya) harus sama. misal beda jadinya kegedean atau kekecilan gitu gan. maaf baru bisa reply karena gmailnya error kemarin ^^

      Hapus
  25. gan nanya dong , ane kan udah build game cardboard ke android , sukses , trus pas saya install dan masuk ke game nya , scene yang udah ane drag pas ngebuild ilang smua, tlong pencerahan nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di Emulator dulu gan ada ga, misalnya ada berarti ukuran resolusinya beda tuh jadi ketutupan. Maaf baru bisa bales karena kemarin gmailnya error ^^

      Hapus
  26. Gan ane mau nanya dong, jadi ane udah build beberapa scene dan sukses tapi yang terbaca cuma 1 scene aja? Kira kira Kenapa ya?
    Terimakasih

    BalasHapus
  27. gan mau nanya, setelah build kok ekstensinya malah .aab seharusnya kan .apk. itu kenapa yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Model sekarang emang jadinya .aab gan yaitu android app bundle. kalo mau jadi apk bisa liat disini.
      https://blogs.unity3d.com/2018/10/03/support-for-android-app-bundle-aab-in-unity-2018-3-beta/

      Hapus
  28. Gan sya buil apk sukses,tk ada eror,setelah sya instal di hp,malah gax bisa di mainin,bersihkan riwayat kta ny,ap pnyebab ny mas? Di unity ny gax eror,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya itu corrupt filenya pas transfer file atau mungkin kapasitas memori hpnya penuh.

      Hapus
  29. Bang ane mau tanya nih pas ane mau ngebuild ko tiba2 ada tulisan “Android SDK does not include your target SDK of 16. Please use the android SDK installation tool to instal your target SDK version” itu kenapa ya bang mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. SDKnya belum diinstall gan atau ga sesuai versi dengan OS Android yang dipake

      Hapus
  30. kak boleh tanya?
    ada masalah dengan build ke androidnya, muncul tulisan "gradle build failed" tolong solusinya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh lebih lengkap lagi errornya? soalnya ada banyak penyebabnya

      Hapus
    2. Di build system nya ganti jadi internal

      Hapus