>

How To : Instalasi Driver OCI8 pada XAMPP

Hai welcome back to our blog.

Kalau kalian sedang kebingungan bagaimana cara enable oci8 pada xampp kalian, dan kalian nemu artikel ini, kalian selamat haha. Oke jadi apa sih driver oci8 itu? Driver oci8 merupakan driver yang digunakan oleh Apache untuk menyambungkan sistem mereka dengan database oracle. Kalau kalian menemukan error “DboOracle – Selected driver is not enabled”, kalian datang di tempat yang tepat. XAMPP yang aku gunakan disini adalah XAMPP 1.7.2 ya teman-teman. Versi Windows yang aku gunakan adalah XP (Virtual).




Pastikan XAMPP kalian sudah terinstall dan berjalan lancar.

Kalian dapat mendonwload Oracle Instant Cliet disini.  Gratis kok, kalian hanya perlu login (belum punya akun? Daftar aja, gratis).

Setelah berhasil download InstantClient, unzip/extract file tersebut, pindahkan file tersebut ke folder C, rename dengan nama instantclient.



Buka folder instantclient, copy 3 file berikut (jika belum ada) ke dalam folder xampp\apache\bin dan ke folder C:\WINXP\System32 (letak folder ini berbeda-beda setiap ver Windows). File : oci.dll, orannzsbb10.dll, dan oraociei10.dll





Buka Environtment Variable. (Klik kanan My Computer → Properties → Advanced, Klik Environment Variables. 
 



Pada System Variable pilih PATH, lalu klik Edit. Tambahkan C:\instant_client pada bagian paling belakang. Klik Ok/Apply. 

 

Pastikan kamu sudah uncomment (hilangkan tanda ; didepan) extension oci8 pada file php.ini (xampp\php\php.ini). Perhatikan bahwa ada 2 extension yang harus di-uncomment



Restart service Apache pada XAMPP. Kemudian cek phpinfo (buka pada browser localhost/ lalu pilih phpinfo() ), apakah oci8 sudah enabled.


Nah itu tadi sekedar tips untuk mengaktifkan driver oci8 pada XAMPP sehingga aplikasimu bisa connect dengan database Oracle. Semoga bermafaat.





Tidak ada komentar