>

Cara mengembalikan partisi hardisk yang hilang

Halo Sobat Repeatloop. Saya kemarin mengalami kejadian yang sangat mengerikan. Partisi saya hilang dan disitu isinya seluruh data pekerjaan serta software-software yang biasa saya gunakan untuk bekerja. Saya panik luarbiasa, Bagaimana ceritanya saya bisa kehilangan partisi saya? dan bagaimana saya untuk mengembalikan partisi saya kembali? Berikut adalah hasil kerja keras dan kepanikan saya yang saya tuangkan dalam tulisan berikut.

Baca juga : Mengenal perkembangan komputer

Ceritanya saya mau menambah kapasitas partisi system saya dengan mengurangi kapasitas dari partisi lain yang sudah saya buat. Awalnya semua berjalan lancar dan system sayapun bertambah kapasitasnya. Namun masalah muncul besok harinya. Komputer saya mendadak iconnya berganti seperti gambar icon aplikasi hilang. Awalnya saya pikir terkena virus komputer saya dan ternyata dua partisi saya hilang dan tersisa hanya system partisi saja. Walhasil saya panik dan bingung. Setelah saya googling saya menemukan bahwa Mini Tool Partition Wizard bisa mengembalikan partisi saya. Berikut beberapa langkahnya. Caranya cukup mudah sebenarnya, hanya dibutuhkan kesabaran tergantung besarnya partisi serta hardisk.

Software yang saya gunakan, Mini Tool Partition Wizard

Cara mengembalikan partisi hardisk yang hilang.

Sebagai catatan saya hanya memberikan langkah - langkahnya saja karena saya takut mencoba mendelete partisi saya karena hardisk saya sudah mulai tua, sudah 5 tahun saya gunakan. mohon maaf yg sebesar-besarnya. Nah berikut cara-caranya menggunakan Mini Tool Partition Wizard untuk mengembalikan partisi yang hilang

Baca Juga : 5 Fungsi Array yang harus kamu tau

1. Buka program Mini Tool Partition Wizard, kemudian pilih partition Recovery Wizard.


2. Kemudian akan tampil jendela baru, klik next.


3. Setelah itu pilih hardisk yang diinginkan untuk direcovery. Disini saya menggunakan 2 hardisk untuk komputer saya. Saya pilih hardisk pertama karena disitu masalah partisi saya hilang. Setelah memilih hardisk kemudian tekan next.


4. Kemudian kita harus memilih sektor pencarian. Saya sarankan menggunakan Full Scan apabila bingung memilihnya karena itu akan secara otomatis mengscan seluruh sektor hardisk yang dipilih tadi. Namun bila anda sudah mengerti dibagian sektor mana yang ingin di scan maka bisa memilih Specified Range untuk mencari di range tertentu atau bisa mencari di Unallocated Space untuk scanning partisi di sektor yang Unallocated. Kemudian setelah selesai tekan Next.


5. Jendela berikutnya akan menampilkan Scanning Method. yaitu Quick Scan untuk melakukan pembacaan hardisk dengan cepat atau Full Scan yang akan membaca secara detail. Saya sarankan untuk melakukan Full Scan tapi konsekuensinya waktu yang dibutuhkan menjadi lama. Saya kemarin melakukan Full Scan membutuhkan waktu sekitar 2-3 Jam. Karena saya sudah mencoba Quick Scan dan partisi saya yang hilang tidak ditemukan.


Setelah itu partisi saya ditemukan dan pilih partisi mana saja yang akhirnya ingin di tampilkan kembali dan data saya pun selamat. Disini saya menggunakan software ini dari package Hiren Boot CD karena kebetulan saya memilikinya. bisa juga kalian menggunakannya terpisah tidak harus dari Hirenboot.

6 komentar:

  1. Nanti datanya balik mksdnya partisinya balik lg kan? Bukan datanya balik fan buat partisi baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data dan partisinya kembali lagi. Namun dalam kasus saya itu datanya ada sebagian corrupt karena faktor bad sector

      Hapus
  2. bang gilang aditya pamungkas yang kece sejagad mau nanya ane nih, sebelumnya leptop saya ada 2 hdd yang pertama 1 hdd 120Gb SSD (System windows) yang ke 2 hdd 1 T (Data), pertanyaan nya bisa tidak ya kita partisi yang drive D untuk di jadikan atau menambahkan space di hdd ssd yg pertama untuk di jadikan system mohon pencerahan nya. thnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo buat ditambah ke hardisk pertama gabisa gan. tapi kalo mau dijadiin system windows bisa di migrasiin aja isi ssdnya ke hdd tapi kalau ga mau ribet ya install ulang windowsnya di hdd

      Hapus