>

Tutorial CRUD MySQL dengan PHP [Part 1]

Membuat Form Input Database MySQL dengan PHP

Hai, gimana kabar kalian? Hati ga mendung kan kaya cuaca akhir-akhir ini? Dompet masih aman kan? Selamat KRS-an buat yang udah KRS-an, buat yang belum jangan lupa bayar SPP dulu. Maafkan kalo tutorial disini bahasanya begini. Tapi aku ga akan capek kok bikin tutorial disini, kalo capek ya aku istirahat dulu dong daripada bikin tapi ngeluh capek kan yang baca jadi ga enak. kok curhat. Habis kadang suka ga enak kalo baca tutorial yang bawahnya "Udah ah, capek nulis tutorialnya. Emangnya gak capek apa bikin tutorial". sakit bang hati adek bacanya.

Ada yang baru mau belajar PHP? Sini, sini. Kita belajar dari awal. Sebenernya aku tau sih tutorial macem kaya gini banyak banget di gugel, tapi aku pingin aja kan siapa tau ada yang baca. kok sedih.

Oke, kali ini kita mau belajar dasar PHP yaitu bikin form input Database MySQL dengan PHP. Langsung aja ya buka PhpMyAdmin lewat Browser (localhost/phpmyadmin) dan login disana. Buat database baru, bisa kamu kasih nama apa aja.



Setelah itu buat tabel baru didalam database tersebut. Isikan jumlah field yang kamu butuhkan untuk tabel tersebut.

Isikan atribut dari masing-masing field.

Buat file PHP baru dengan nama index.php, isikan dengan code dibawah ini dan simpan di dalam folder baru yang ada di dalam folder htdocs (nah loh bingung). Jadi kamu bikin folder baru didalam folder htdocs, terus kasih nama apa saja. Kalo aku disini foldernya aku beri nama teman.

Setelah itu buat file dengan nama inputexe.php di dalam folder yang sama. Inputexe.php ini gunanya untuk menangkap dan memproses input yang dikirimkan oleh file index.php. Tulis code seperti ini pada file inputexe.php.




Kalau sudah, buka browser, panggil file index tersebut : localhost/namafolderkamu
Masukan input ke dalam form, dan jika input data berhasil akan muncul pesan seperti dibawah ini.



Kamu bisa cek ke phpmyAdmin untuk memastikan data kamu bener-bener masuk ke dalam database.
Loh kok polos, gini. Oh ada yang kurang.

 

Masuk ke tab Struktur yang ada diatas. Pada field id, klik Kunci Utama atau Primary Key.


Voila, data kamu sudah bisa diubah atau dihapus. (Akan dibahas di part 3).


Nah itu dia cara Membuat Form Input Database MySQL dengan PHP. Kalo kamu ada saran, kritik atau pertanyaan, kamu bisa tulis di kolom komentar. Terima kasih sudah mampir. Semoga tulisan ini bermanfaat ya, selamat mencoba. Jangan bosen untuk belajar.

Tidak ada komentar