>

Tes Programmer : Deret Fibonacci dengan PHP

Hai, all. Balik lagi sama Laras. Hari ini banget, aku mau sharing tentang logika Fibonacci dengan bahasa PHP. Sebenernya sama aja sih, bedanya paling sedikit sintaksnya aja. Tapi bentar guys, lemme curhat dulu sebentar. Udala, aku ga mau jaga image lagi depan kalian. Jujur aja sebenernya fibonacci ini kalo dipikir-pikir cukup sederhana. Malah boleh dibilang sangat sederhana. Percaya ga ini aku mikirin logikanya sambil merem-merem cantik (hoeks) di busway? Tiba-tiba aja gitu kepingin mikirin logikanya deret Fibonacci aja, (dan aku juga gatau kenapa harus Fibonacci dari seluruh hal didunia ini).

Tapi guys, aku mau bilang satu hal, logika itu semakin sering dipake semakin tajem. Bener deh dulu aku kuliah bego banget array aja ga ngerti (dih, kuliahnya ngapain tau). Semacam alergi sama logika yang ribet-ribet gitu. Nah bodohnyaa, setelah setahun kerja, aku baru ngeh sama si fibonacci ini, yang ternyata simple banget. Dulu ini salah satu tes pas interview, tapi aku gabisa. Jadi keep your mind sharp wkw (mbuh la).

Bentuk deret Fibonacci adalah deret yang bilangin selanjutnya merupakan penjumlahan dari 2 bilangan sebelumnya, contohnya adalah sebagai berikut.


Nah, bagaimana membuat si fibonacci ini? Solusinya gampang, kita akan mengandalkan array. Logikanya, kalau array tersebut isinya belum lebih dari 2, maka dia akan ambil elemen array pertama. Kalau sudah, dia akan menjumlahkan 2 elemen array sebelumnya.

Oke langsung aja temen-temen, ini dia codingnya.

---Diawali dengan angka 1----


-- Diawali dengan angka 0---


Aku saranin kalian modif codingan ini langsung setelah kalian coba soalnya biar langsung paham. Aku yakin banget temen-temen disini semua lebih suka metode belajar 'learning-by-doing'. Sekian, semoga bermanfaat. Have a nice day!


2 komentar:

  1. Fibonacci versi ane bikin sendiri :D

    $x=$y=1;
    Echo $x."
    ".$y."
    ";
    For($i=$1;$i<=10;$i++){
    If($i%2==0){
    $y+=$x;
    Echo $y."
    ";
    }
    Else{
    $x+=$y;
    Echo $x."
    ";
    }
    }

    BalasHapus