>

Cara Merekam Desktop dengan VLC

Halo semuanya, gimana kabar kalian? Masih sehat kan? Kalo ujan gini, enaknya emang makan bakso sambil minum teh anget. Eh tapi kan aku gasuka bakso. Pokoknya intinya jangan lupa jaga kesehatan soalnya banyak orang yang lagi kena flu.

Ini mau ngapain sih ceritanya? Kelamaan nih.
Iya iya, jadi kali ini aku mau ngasih tips seputar desktop recording. Itu loh yang ngerekam aktivitas screen desktop kita. Sebenernya ada beberapa sih software desktop recording. Ada OBS, Vmix, Bandicam, dsb. Tapi aku disini mau ngebahas software yang udah aku punya dari lama buat nonton anime, tapi aku baru tau kalo ternyata dia bisa buat ngerekam desktop. Namanya, VLC.

Oke langsung aja masuk langkah-langkahnya.
Pertama pada VLC klik Media > Buka perangkat penangkap. Atau bisa diakses melalui shortcut Ctrl+C.
Nanti akan muncul jendela baru, klik tab Perangkat Penangkap. Pada Mode Penangkapan pilih Desktop. Pada menu Pilihan, ubah kadar penangkapannya jadi 30,0 f/s.  Pada tanda panah yang ada di sebelah tombol Play, pilih Konversi. Nanti akan muncul jendela baru lagi.


Klik Setting(gambar kunci sama obeng) pada jendela baru yang muncul .
 Pada tab enkapsulasi, pilih MP4/MOV (opsional). Pada tab Kodek Video pilih MPEG-4 dan bit rate/kadar bit nya ubah menjadi 2000 kb/s. Kalau sudah klik Simpan.
 Untuk menyimpan video yang akan kita tangkep, kita harus memilih folder untuk menyimpannya. Klik Browse, pilih folder yang akan kamu gunakan untuk simpan video hasil rekaman. Masukan nama filenya. Klik Save.
Kalau langkah diatas sudah dijalankan semua, kamu tinggal klik Start.
Untuk menghentikan proses rekaman, kamu bisa balik ke VLC nya dan klik Stop (pojok kiri bawah) atau langsung tutup VLC nya juga bisa.
Kamu bisa cek video yang sudah kamu rekam di folder tadi.

Sebelumnya sama sekali gatau kalo VLC bisa buat ngerekam taunya buat nonton anime doang, sampe kekepoanku terjawab disini. Sebenernya ini pas dicobain sempet gagal beberapa kali. Ada yang ga kebaca pas dimasukin ke video editor, ada yang bisa dimasukin ke video editor tapi "gresek-gresek". Sampe akhirnya aku nemuin cara yang pas biar video nya bagus dan bisa dimasukin ke video editor dengan mulus terus dishare deh kesini. Oh iya ini hasil percobaan aku, aku iseng masukin yutub.



Sekian deh tips Cara Merekam Desktop dengan VLC dari aku. Kalo kamu ada pertanyaan, saran, atau kritik kamu bisa tinggalin di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terakhir, terima kasih sudah mampir :D

Tidak ada komentar