>

Unity Tutorial : Cara Gampang Membuat 2D Infinity Loop Background

Game endless running terkadang membutuhkan background yang bergerak mundur dan berulang-ulang (infinty loop) untuk membuat karakter terlihat seolah-olah bergerak ke depan *cumaseolah-olah. Nah background jenis kaya gini, biasanya disebutnya parallax background. Ada banyak cara bikin paralax background. Tapi ini da aku kasih tau yang paling simpelnya ajah. idup udah ribet.
Pertama, siapin background yang seamless (mulus/bisa dibikin looping). Contohnya kaya gini, tapi kamu juga bisa cari disini atau bikin sendiri (itu lebih niat).



Kedua, masukkan gambar tadi ke dalam folder asset yang ada di Unity. Klik sprite tersebut, lalu perhatikan pada tab Inspector. Ubah texture type dari Sprite >Texture, ubah juga wrap mode dari Clamp > Repeat. Jangan lupa klik Apply.





Setelah itu pilih GameObject > 3D Object > Quad. Atur ukuran Quad agar sesuai dengan ukuran resolusi dari Main Camera.


Pilih GameObject > Light > Directional light.

Rename Quad menjadi Background.


Setelah itu drag sprites background tadi ke dalam Scene atau kedalam object Background yang ada pada Hierarchy.


Kita bisa atur intensitas cahaya pada background dengan cara klik Directional light yang ada pada Hierarchy lalu cek tab Inspector, ubah/geser Intensity.


Tambahkan komponen baru pada Background. Background > Add Component > New Script. Beri nama scrolling.


Buka script melalui Mono Develop. Ketikkan script seperti dibawah ini. Kalau sudah jangan lupa disimpan.

Kembali ke Unity, tekan tombol Play, pasti belum gerak, hahaha. Klik Background yang ada pada Hierarchy, atur speed yang ada di bawah script Scrolling. 



Oh ini, aku iseng bikin videonya. Barang kali tulisan ku belum jelas, kamu bisa nonton videonya dibawah sini.

Nah itu tadi Cara Gampang Membuat 2D Infinity Loop Background. Semoga tulisan aku manfaat ya. Kalo kamu ada pertanyaan, kritik, atau saran bisa tulis di kolom komentar. Selamat mencoba dan terakhir, Terima Kasih :D



4 komentar:

  1. Hy gan saya mau mintak tolong ajarin sedikit aja dong gan ke saya tentang unity cuma 3 aja kok gan 1.ajarin buat background 2.ajarin buat musuh biar bisa tempur 3.ajarin bikin toko kayak tempat beli hero gan mohon dong gan anggep aja agan bagi bagi sedekah/ilmu ke saya gan ini facebook saya gan namanya kadek yase lokasinya di singaraja gan makasi sebelumnya ya gan. Saya tunggu ya gan by

    BalasHapus
  2. Hy aditya salam kenal.Aditya tolong dong ajarin invet facebook saya namanya kadek yase lokasinya singaraja. Makasi sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, saya sudah tidak memegang unity lagi. Kemudian saya juga jarang buka fb dan kurang suka bila diinvite fb saya pribadi. Terima kasih ^^

      Hapus