>

Xian The Great Merchant, Game Lawas yang tetap menarik

Masih ingat kalian dengan game Xian The Great Merchant? game MMORPG klasik dengan memiliki basis perekonomian dan fitur perdagangan, sistem bank dan sistem rekrut pasukan atau sering disebut Mercenaries ini masih digandrungi banyak pemain Indonesia di server Officialnya.  Dengan sistem yang unik serta update-update yang masih dilakukan oleh AKInteractive membuat game ini bertahan lama.


Dulu game ini pertama kali ada di Indonesia pada tahun 2003 oleh publisher boleh.com namun tutup pada tahun 2008. Game ini terkenal selain dengan sistem didalam gamenya yang bisa dikatakan berbeda dengan game online pada masanya seperti Ragnarok Online, game ini juga punya tag line yang sangat unik yaitu "Bermain terlalu lama dapat menyebabkan putus cinta". 


Pada tahun 2015, Publisher Indonesia 8ternals kembali membuka Xian dengan judul Xian The Great Merchant Episode 2 dengan update yang sudah lebih jauh dari game yang keluaran tahun 2003. Game ini juga mengambil latar belakang cerita asia timur di Negara Joseon (Korea), Jepang, China dan Taiwan pada abad ke-16. 

Pemilihan negara karakter utama diawal game

Namun sayangnya pada 2018 8ternals atau yang berganti nama menjadi Astagames menutup layanan game ini pada Februari 2018 yang lalu. Penampilan game ini sangatlah klasik dan mudah dipahami, namun walau mudah dipahami game ini menyuguhkan gameplay yang menantang karena player disini tidak hanya dituntut untuk bisa mengalahkan semua monster tetapi juga menjadi yang paling kaya dengan jalan baik menjual dropan monster atau berdagang item dari kota ke kota.

Di Xian ini juga untuk bertempur kita dibekali 12 slot prajurit, 1 untuk karakter utama dan sisanya adalah pasukan rekrutan. Disini player harus memiliki taktik dan strategi untuk mengalahkan monster yang ada dengan kombinasi prajurit yang ada. Game ini karena sangat klasik sekali banyak beberapa fitur game online masa kini yang tidak ada didalam Xian contohnya Autopath, sehingga player harus menjalankan karakternya dengan manual mulai dari berjalan hingga melawan monster.

Contoh slot prajurit dan Karakter utama
Pada update terakhir terdapat 5 negara untuk karakter utama yaitu Taiwan, Joseon (Korea), Cina, Jepang dan India. Namun pada start awal game tetap hanya bisa memilih 1 dari 4 negara dan India tidak bisa dipilih pada awal-awal game. Kalian juga bisa berpindah kewarganegaraan untuk merekrut pasukan lain dengan skill yang beragam.

Selain itu proses pengisian status karakter masih manual, sehingga para pemain bebas menentukannya. Contohnya untuk bisa mengangkut banyak barang maka harus meningkatkan status Strength, bila membutuhkan banyak MP atau mana point maka harus meningkatkan status Intelligent. Background music atau BGM pada game ini masih sama persis dengan versi boleh.com terdahulu, sehingga banyak nostalgianya bagi para gamers yang bermain xian versi boleh.com pada tahun 2008. 


Secara keseluruhan game ini sangat menarik walaupun secara penampilannya sangatlah klasik, tapi dari segi gameplaynya sangat menarik karena hanya satu-satunya game yang memiliki sistem dasar perdagangan sehingga untuk mencari uang didalam game ini tidak hanya melalui menjual barang dropan dari melawan monster namun juga bisa didapatkan dari jual beli barang antar kota.

Bagi kalian yang penasaran dengan game ini tenang saja, versi officialnya masih ada kok dibawah naungan publisher "Linki". Kalian bisa buka halaman web resminya di www.thegreatmerchant.com dan kalian bisa unduh gamenya disana. Disarankan untuk membuka halaman web ini melalui browser Google Chrome karena seringnya bila menggunakan browser lain halamannya sering kali tidak merespon.

7 komentar:

  1. kapan official indonesia ada lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya bakal lama sih akan ada lagi server official indonesianya

      Hapus
  2. kapaaan nih di buka lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo server indo mah gatau gan, tapi kalo server globalnya masih ada nih. gabegitu ngelag kok dan malah banyakan orang indonya gan

      Hapus
  3. Server inter aja gan, server indo tutup mulu.. Udh 2x kena prank..

    BalasHapus
  4. koq dah donlot lewat web koq ga bisa nge patch, tulisan " cant connect to server" dan client out of date trus keluar

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang installer lama begitu gan autoupdatenya gajalan

      Hapus