>

Talks : Perjuangan Memberantas Yet Another Cleaner Malware

Pernah denger yang namanya Yet Another Cleaner atau YAC? Ugh, aku punya pengalaman buruk sama malware satu itu. Sebenernya sih ini kejadiannya baru aja, pas kemaren hectic nyelesain program buat Tugas Akhir. Bayangin pas lagi hectic kaya gitu laptop tiba-tiba madet gara-gara YAC ini, ugh. Jadi dia itu sekalinya masuk ke device kita, dia bertelor, alias nginstall banyak banget malware. Pokoknya kalian kudu ati-ati banget sama malware ini. Dan kayanya dia juga ngambil data pribadi kalian deh. Soooo, I warn you to stay away from this trap.
Jadi semua ini berawal dari aku yang mau tau cara ngehilangin ekstensi yang ada di Google Chrome, menghapus ekstensi secara manual lewat Explorer. Browsing kan aku, yaudah aku klik yang paling atas dong.
   
 Nah sejak saat itu tiba-tiba laptopku tuh jadi ada proses aneh-aneh. CPU Usage nya naik, dan pas aku cek di tab Process kok jadi ada iSafeTray. Wah mencurigakan nih. Tapi aku abaikan karena aku pikir dia ga mengganggu. Aku juga lagi sibuk ga ada waktu buat beres-beres laptop kan.



Nah semakin aku diemin, program-program aneh mulai bermunculan. Contohnya, Software Updater. Jadi tiap aku buka program apa muncul jendela yang ngalangin dan dia nanya apakah mau update software yang bersangkutan. Dan itu terjadi setiap aku pindah window. Bayangin ga kalo lagi ngerjain TA, bolak-balik Unity, MonoDevelop, PhotoShop, Browser. Ugh.

Sampai akhirnya aku download Unity versi yang paling baru. Di dalam package nya ada Visual Studio 2015. Nah, si VS ini pingin ngedebug file malware tadi terus sampai akhirnya semua browser ku gabisa dijalanin. CPU Usage ku 100% jadi gabisa ngapa-ngapain. Akhirnya aku konsultasi sama temen dan dia mau bantuin bersihin laptopku sampai bersih sih sih.

Nah, pertama si temenku ini ngehapus semua program yang mencurigakan. Aku ga pernah merasa nginstall kok ada. Malah ada yang sampe duplikat 4 biji. Setelah semua program mencurigakan hilang, temenku coba masuk ke Safe Mode untuk nghehilangin proses iSafeTray tadi, dan gabisa. Proses itu ngebandel. Download antivirus, Dr. Web pun pas dijalanin di laptopku Not Responding coba. Kita nyoba uninstall si YAC, gabisa juga karena barnya selalu ada di posisi 5%.

Akhirnya aku punya ide, coba uninstall YAC dari Safe Mode, dan Alhamdulillah berhasil dong. Setelah itu temenku langsung benerin System Configuration dan Uninstall semua browser. Setelah itu kita install Malwarebytes dan CCleaner. Scan scan scan, dan berhasil. Laptopku kembali gress kaya baru, kenceng. Alhamdulillah, rejeki anak sholeha.

Itu dia pengalaman aku ngeberantas YAC. Kalo kalian ketemu YAC, pokoknya jangan diklik! Hati-hati juga jangan suka download sembarangan kalau di internet. Semoga tulisan ini bermanfat ya!




1 komentar:

  1. Rasa nya pengen banget gue nyumpahin siapa pun pencipta Yet Another Cleaner !! Judul nya Cleaner, tapi efek nya MIRIP BGT seperti virus.
    .
    Kalo pengalaman aku... Aku punya Laptop ASUS RAM 2 GB, Windows 7, CPU Intel Core i3. Kebetulan saya pecandu Game (baik android & maupun windows )~ . Website Favourite gue, www.games. co.id , Website Miniclip, dan Website friv game
    .
    Gue agak sedikit curiga, Laptop gue kemasukan virus gara2 dari website2 game online tadi. Apalagi Website game2 itu surga nya pop up iklan. Loading game di susupin iklan... Belom lagi kalo ada jeda... Dan mungkin juga ada jebakan. Kita padahal nge-klik Skip Iklan, tapi sebener nya itu adalah tombol yang membuat virus jadi masuk ke perangkat kita. Analisa saya seperti itu.
    .
    Aku ga pernah nge-install YAC. Kok ajaib dia tiba2 nongol sendiri di Dekstop. Padahal sebelumnya aku ga pernah nge-install apapun. Di Windows Explorer, YAC sering ngasih Pop Up minta Laptop ku harus dibersihin krn udah terlalu banyak cache & junk files. Aku pengen un-install YAC tapi loading nya selalu macet di 5 % . Bener2 ga jalan loading nya !! 😡 Dan setiap kali aku berusaha nge-uninstall YAC, setiap itu pula lah Laptop ku proses Shut Down nya lama bgt. Harus nunggu sekitar 30 menit baru mati total Laptop nya. Terus Pop Up YAC juga sering nongol sendiri, ketika aku lagi browsing di google Chrome. Emang sih Pop Up itu bisa di Close. Cuma muncul lagi, muncul lagi, jutaan kali

    BalasHapus