>

Mengenal Komputer ENIAC

Halo sobat Repeatloop, maaf sudah lama tidak menulis kembali karena kesibukan dipekerjaan. Nah kali ini kita akan membahas tentang komputer nih.

Komputer sendiri dapat didefinisikan sebagai peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lainnya untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.

Seperti yang kita tahu komputer sekarang ada yang berbentuk dekstop yang berbentuk seperti balok maupun laptop atau komputer jinjing. Namun pernahkah kamu mengetahui bentuk komputer pada generasi awal? Nah hal yang kita bahas adalah mengenai Komputer ENIAC yaitu salah satu dari komputer generasi awal.

Apa Itu Komputer ENIAC?

Komputer ENIAC (Hanya 2 unit yaitu panel dan tabel fungsi yang ditampilkan di University of Pennsylvania

ENIAC merupakan singkatan dari Electronic Numerical Integrator and Computer. Komputer ini dibuat oleh kerja sama antara pihak Amerika Serikat dengan pihak University of Pennsylvania.

Komputer yang dirancang oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly ini mulai dibangun pada 17 Mei 1943 dan dioperasikan secara resmi pada Februari 1946 dengan menelan biaya pembuatan sekitar $500.000. Project PX adalah kode untuk nama proyek pembuatan komputer ENIAC ini.

ENIAC ini terdiri dari sekitar 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, serta 5 juta titik solder dengan berat mencapai 27 ton. Berukuran 2,4m x 0,9m x 30m dan memiliki luas sekitar 167 m2. Untuk menjalankan komputer ENIAC ini dibutuhkan daya sekitar 160kW - 200kW.

Denah yang mengambarkan ukuran komputer ENIAC

Baca juga : Instalasi Driver OCI8 pada XAMPP

Tujuan Pembuatan Komputer ENIAC

Komputer ENIAC

ENIAC yang dikembangkan dan dibangun oleh Angkatan Darat AS ini dibuat untuk laboratorium penelitian persenjataan mereka yaitu menghitung tabel tembakan senjata. ENIAC sendiri mampu diprogram ulang, yaitu dengan cara mengatur ulang kabelnya agar bisa menyelesaikan tugas-tugasnya yaitu pada bidang perhitungan dalam bentuk desimal.

Selain untuk kepentingan perang pada masanya, ENIAC ini juga dapat digunakan untuk berbagai macam hal seperti memprediksi cuaca, menghitung energi atom, sinar kosmik, pengukuran suhu, dan penggunaan ilmiah lainnya.

Pada masanya juga ENIAC ini mampu menghitung seribu kali lebih cepat dibandingkan dengan mesin hitung elektronk yang ada pada saat itu.

Cara Kerja ENIAC

Komputer ENIAC

Komputer ENIAC ini menggunakan sebuah penghitung berbentuk cincin yang mempunyai sepuluh posisi. Perhitungan dilakukan dengan cara menghitung pulsa dengan penghitung cincin dan membuat pulsa pembawa baru apabila counternya sudah berputar kembali ke posisi semula. Ide dasarnya adalah untuk meniru roda digit dalam mesin penghitung mekanis.

Komputer ENIAC mempunyai 20 slot akumulator yang masing-masing memiliki sepuluh digit. Setiap detiknya dapat melakukan sekitar 5.000 proses penambahan dan pengurangan sederhana diantara keduapuluh angka-angka tersebut. 4 slot akumulator digunakan degan sebuah unit "pengali" dan setiap detiknya dapat dilakukan 365 proses perkalian,. 5 slot akumulator dikendalikan dengan unit "pembagi pengakar pangkat dua" yang setiap detiknya dapat menjalankan 40 operasi pembagian dan 3 operasi pengakar-dua-an.

Cerita Tim Programmer ENIAC

Programmer Komputer ENIAC

Komputer ENIAC seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bisa diprogram ulang. Dalam Tim ENIAC sendiri terdapat beberapa orang programmer, mereka ini bisa disebut sebagai programmer komputer pertama didunia dan programmer ini adalah wanita seluruhnya. Menurut sumber ada 6 orang wanita yaitu Kathleen McNulty Mauchly Antonelli, Jean Jennings Bartik, Frances Synder Holber, Marlyn Wescoff Meltzer, Frances Bilas Spence and Ruth Lichterman Teitelbaum.

Karena pada mulanya tujuan adanya komputer ENIAC untuk militer, sehingga para programmer ini awalnya dilarang mengakses ke komputer ENIAC ini sampai akhirnya mereka mendapatkan akses dari pihak militer. Para programmer ini tidak dibekali manual cara memprogram ataupun bimbingan dari pihak lain dalam memprogram komputer ENIAC, mereka hanya mengandalkan diagram logika untuk mengetahui cara kerjanya.

Quote Jean Jennings Bartik, ENIAC Programmer

Mereka (para programmer) ini bekerja tidak dengan IDE seperti sekarang yang biasa digunakan para programmer seperti Visual Studio, Android Studio, Dreamweaver dan semacamnya, mereka melakukan hal yang dinamakan "Physically Program" dengan memanipulasi sekitar 3000 switch serta ribuan kabel yang harus mereka kerjakan. Sehingga pada deskripsi pekerjaan yang harus dipenuhi adalah "Membutuhkan fisik yang kuat, kreatif, semangat inovatif, serta kesabaran yang tinggi".

Setelah 6 orang wanita tersebut, kemudian datang 2 orang perempuan ditunjuk sebagai programmer, yaitu Betty Holberton yang melanjutkan untuk pengembangan algoritma sorting dan membantu dalam mendesain komputer elektronik komersial pertama didunia yaitu UNIVAC dan BINAC bersama dengan Jean Jennigs.

Wanita yang terakhir yaitu Herman Goldstine yang dikenal sebagai “operator” dari komputer ENIAC. Dia mengkalkulasikan tabel balistik dengan kalkulator dan dengan perbedaan cara analisa sebelum dan sesudah pengembangan ENIAC, sehingga programmer belajar tentang cetak biru dari ENIAC secara struktur fisik dan memperkirakan cara bagaimana memanipulasi switch dan kabel dibanding mempelajari bahasa pemrograman. Karena fokus kedua wanita tersebut bukan pada pemrogramannya, sehingga 6 wanita pertama yang telah disebutkan diatas dikenang atas jasanya dalam bidang pemrograman.

They had no books or anything to teach us how to program it - Jean Jennings Bartik 

Sumber : 



Tidak ada komentar