>

Unified Modeling Language : Class Diagram

Class Diagram adalah bagian dari UML atau Unified Modeling Language. Class Diagram sendiri adalah sebuah diagram / model / penggambaran struktur dan deskripsi kelas serta hubungannya dengan kelas-kelas lainnya pada sebuah sistem / perangkat lunak.



Class diagram memberi kita gambaran tentang bagaimana sistem perangkat lunak beserta relasi-relasi didalamnya. Ada banyak definisi dari Class Diagram ini salah satunya dari Whitten L. Jeffery menggambarkan Class Diagram adalah gambar grafis mengenai struktur objek statis dari suatu sistem, menunjukan class-class objek yang menyusun sebuah sistem dan juga hubungan antara class objek tersebut.

Elemen - Elemen Class Diagram

Ada beberapa elemen pada Class Diagram dalam pemodelan UML, diantaranya adalah Class, struktur Class, sifat Class atau Class Behavior, perkumpulan/gabungan atau Association, pengumpulan/kesatuan atau Aggregation, ketergantungan Dependency, relasi-relasi turunannya, keberagaman dan indikator navigasi, dan Role Name (peranan/tugas nama).

Baca Juga : Apa Itu MVC? Model-View-Controller

Simbol - Simbol Pada Class Diagram

1. Class

Class bisa saya katakan class ini seperti sebuah blok. Class adalah blok pembangun dalam pemrograman berorientasi objek. Nah ini mengapa saya sebut blok karena sebuah Class digambarkan disini sebagai sebuah kotak yang terdiri dari 3 bagian. Bagian atas adalah nama Class, bagian tengah mendefiniskan properti atau atribut class, dan pada bagian akhir mendefinisikan method dari sebuah class.


2. Association

Asosiasi adalah sebuah relationship atau hubungan antara 2 class yang dilambangkan oleh sebuah garis yang menghubungkan antara 2 class. Garis ini melambangkan tipe-tipe hubungan dan juga menampilkan hukum-hukum multiplisitas pada sebuah relationship. Contohnya One-to-one, one-to-many, many-to-many.


3. Composition

Ada kasus semisal sebuah Class tidak bisa berdiri sendiri dan harus merupakan bagian dari Class yang lain, maka Class ini memiliki Composition terhadap class tempat dia bergantung. Composition digambarkan sebagai garis dengan ujungnya berbentuk jajaran genjang yang solid.


4. Depedency

Berikutnya ada kasus dimana sebuah Class menggunakan Class yang lainnya. Kasus ini disebut Depedency. Pada umumnya penggunaan Depedency digunakan untuk menunjukkan operasi pada suatu Class yang menggunakan Class yang lain. Depedency ini digambarkan sebagai sebuah panah dengan garis putus-putus atau bertitik-titik.


5. Aggregation

Aggregation mengindikasikan keseluruhan bagian relationship dan biasanya disebut sebagai relasi.



Baca Juga : Membuat Virtual Host Di XAMPP

Sumber : 
http://jokomurdiyanto.blogspot.co.id/2013/01/class-diagram-adalah-contoh-kasus-class.html
http://fatimahumi.blogspot.co.id/2014/03/uml-class-diagram.html

Tidak ada komentar