>

Apa itu MVC? Model-View-Controller

Oke bertemu lagi teman-teman di blog ini. Kali ini saya mau membahas tentang MVC. Wah apa tuh mas? pasti sekalian curhat nih? nah itu sudah pasti. Ceritanya waktu itu ada tes wawancara kerja nah disitu saya melamar dengan posisi junior programmer (maklum dulu saya menjadi IT Support). Jadi pas wawancara itu ditanya konsep mvc gimana mas. Langsung dong saya bukan diem tidak tahu ya tapi mencoba untuk menjelaskannya secara jelas yang sulit hehe. Jadi langsung aja yang akan saya bahas kali ini adalah konsep dari MVC itu sendiri dan apa sih keunggulannya secara pengalaman yang sudah saya alami selama bergelut dibidang perdunia codingan ini.
Apa itu Model View Controller

APA ITU MVC 

APA ITU MVC?

Nah sebelum kita mulai pasti banyak yang bertanya-tanya apa sih itu MVC? MVC itu singkatan dari Model-View-Controller. Jadi konsepnya MVC sendiri membagi aplikasi web menjadi 3 bagian besar. Apa sih itu masing-masing fungsinya? mari kita bahas bersama.

1. Model

Pertama yang kita bahas adalah Model. Model ini secara sederhana bisa kita artikan adalah kode-kode yang langsung berhubungan dengan Basis Data yang digunakan. Contoh misal kita ingin menyimpan, mengupdate atau menghapus nilai dari Basis Data, kalian harus berhubungan dengan si Model ini.

2. View

Yang kedua adalah View. View ini adalah yang merepresentasikan hasil logik dan menyampaikan informasi kepada user. Biasanya berupa HTML atau yang berhubungan dengan antarmuka. Informasi yang ditampilkan berdasarkan dari sesuai dengan instruksi dari Controller. View ini tidak dapat berhubungan dengan Model karena itu dijembatani dari Controller.

3. Controller

Terakhir ini adalah Controller. Controller seperti yang sudah disebutkan pada View, Controller ini yang mengatur hubungan antara View dan Model, mengatur apa yang harus dilakukan oleh Model dan memerintahkan View mana yang akan ditampilkan sesuai permintaan user. Tapi terkadang tidak selalu ada interaksi dengan Model. Contohnya yaitu menampilkan form login.

CARA KERJA MVC

Nah jadi cara kerjanya akan saya gambarkan sebagai berikut.

Konsep Komunikasi MVC

Jadi pertama user meminta informasi kepada Controller, setelah itu Controller akan meminta kepada Model namun tidak selalu seperti yang saya contohkan untuk menampilkan form login tidak membutuhkan Model. Kemudian Controller akan menyampaikan informasi yang akan ditampilkan melalui View, nah View ini yang akan menampilkan informasi secara langsung ke User.

KEUNGGULANNYA MVC

Nah secara pengalaman saya sebagai programming keunggulannya konsep MVC bisa segera fokus dan cepat dalam membangun website maupun dalam proses troubleshootingnya karena sudah dikelompokkan jadi cepat mengetahui kode disisi mana yang salah. Contohnya misal tampilannya ada yang kurang kita bisa langsung mengakses View tidak perlu mengakses Controller dan Model begitu pula misal bermasalah di Basis Data langsung bisa menuju Model untuk fix bug. Jadi ga ada lagi tuh yang istilahnya bagi saya menyebutnya kode "spaghetti" atau campur aduk seperti itu yang membuat pusing baik dalam pengembangan maupun maintenancenya.

Sekiranya gitu aja dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat bagi kalian semua.



Artikel Terkait :

Tidak ada komentar