>

3 Cara Efektif Mengembalikan Postingan Blog yang Hilang

Pernahkah kejadian anda menulis blog namun setelah itu postingan anda hilang di homepage? namun ketika kita menuliskan url postingan tersebut ternyata post tersebut masih ada dan berstatus publish. Tentu hal ini menyebabkan kerugian bagi kita para blogger karena post tersebut tidak bisa ditemukan dengan mudah dan sudah tentu mempengaruhi viewer pada status blog kita.


Saya pun pernah kejadian hal ini 2 kali dalam sepanjang sejarah saya blogging, cukup menjengkelkan memang. Namun tenang saya kali ini akan membagikan cara efektif untuk mengembalikan postingan blog yang hilang dari homepage temen-temen semua. Jadi langsung aja berikut adalah cara-caranya.

1. Membuat draft artikel di text editor

Nah bagi kalian yang suka menulis draft atau ingin membuat kerangka post sebelum di posting ke blog saya sarankan menulisnya di program Text Editor seperti Notepad, Notepad++ atau Sublime Text Editor. Biasanya setelah menulis draft dan ingin di post pasti kebiasaannya adalah copy paste langsung ke post editor di blog.

Nah kebiasaan ini harus kalian hentikan, karena hal ini berpengaruh ke blog temen-temen sekalian. Mengapa bisa seperti itu?

Jadi Microsoft Word itu bisa dikatakan bukan sebuah text editor yang umum karena memiliki format khusus penulisan untuk Microsoft. Karena tulisan di blog akan dibaca dalam format HTML, nah bila kita langsung copy paste tulisan dari word ke editor blog maka format penulisan word tersebut sendiri otomatis terbawa ke editor blog dan menyebabkan ketidaksinkronan sehingga mesin tidak bisa mengartikan kode-kode tersebut, akibatnya google menganggap bahwa terjadi sesuatu hal tidak wajar sehingga google memutuskan untuk tidak menampilkan post di homepage. Solusinya sudah saya sebutkan tadi diawal yaitu gunakan sebuah text editor seperti notepad, notepad++, atau bagi saya programmer php terbiasa menggunakan sublime text editor.

2. Menggunakan Fitur Jump Break

Blog pun memiliki sebuah peraturan, menurut para blogger-blogger sebuah homepage blog ternyata memiliki batasan ukuran. Bila ukuran homepage terlalu besar sizenya maka google akan mencurigai hal tersebut dan memutuskan menghapus postingan yang memiliki size begitu besar. Hal ini saya temukan di salah satu blogger Indonesia yaitu mas Sugeng. Kalian bisa baca blognya disini.
Blog Mas Sugeng : https://sugeng.id/cara-mengatasi-postingan-yang-hanya-tampil-satu-di-homepage/
Nah Jadi di blogger itu ada fitur namanya Jump Break yang berfungsi untuk memotong isi postingan untuk ditampilkan dihalaman homepage blog. Sehingga tampilan homepage blog hanya menampilkan sebagian isi dari posting dan untuk melihat keseluruhan posting dapat menekan tombol read more. Selain menghemat tempat di homepage, penggunaan Jump Break ini juga bermanfaat untuk memperingan tampilan homepage blog temen-temen semua.

3. Selalu cek apakah postingan masih dalam kondisi baik atau tidak

Disini kita wajib mengecek apakah postingan kita gambarnya corrupt atau adanya keanehan atau tidak. Saya mengalami hal ini postingan saya hilang dikarenakan gambar yang saya gunakan corrupt. Nah akibat gambar corrupt google mendeteksi ada sesuatu yang tidak beres dengan postingan saya maka dari itu dihapus dari homepage. Hal yang sangat remeh tapi berdampak sangat besar.

Sekiranya itu aja mungkin dari saya, Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar