>

Apa sih bedanya Hardisk dengan SSD?



Zaman sekarang ini kebutuhan akan perangkat digital semakin meningkat dimana hampir semua proses kehidupan menggunakan komputasi dan proses digital. Sehingga kita saat ini membutuhkan tempat penyimpanan data digital itu. Ada berbagai macam media penyimpanan di dalam sebuah komputer salah satu yang akan kita bahas yaitu perbedaan antara Hardisk dan SSD atau Solid State Drive. Apa sih perbedaannya? bagi kalian yang masih bingung mari kita bahas.

Image Courtesy : Backblaze

Bentuk dan Ukuran

Bentuk dan ukuran menjadi perbedaan yang terlihat mencolok. Hardisk atau HDD ini memiliki umumnya memiliki 2 ukuran yaitu 3.5 inch yang biasa diperuntukan untuk komputer dan 2.5 inch untuk laptop. SSD sendiri pada mulanya berukuran 2.5 inch namun seiring perkembangan zaman sendiri SSD sekarang berukuran seperti RAM dilengkapi dengan NVMe Interface menggunakan media PCI Express. Contohnya seperti seri corsair CORSAIR FORCE Series MP510 ini. 
CORSAIR FORCE Series MP510

Kapasitas

Hardisk sekarang rerata memiliki kemampuan untuk menyimpan data lebih banyak daripada SSD. Saat ini Western Digital dengan Ultrastar DC HC620 ini memiliki ukuran 15 TB. 
Western Digital Ultrastar HC620
Namun Samsung PM1643 mematahkan konsep ini dengan mengeluarkan SSD dengan kapasitas 30 TB dengan ukuran fisik 2.5 inch.
Samsung PM1643, SSD Kapasitas Terbesar


Kecepatan


SSD sendiri diciptakan agar dapat melakukan proses read write data dengan lebih cepat dengan tujuan agar mendukung proses multitasking komputasi semakin cepat dan semakin baik. Karena kecepatannya sehingga waktu akses ke SSD semakin cepat serta kecepatan untuk backup semakin cepat juga. Berikut adalah perbandingan kecepatan SSD dengan Hardisk.

Cara Kerja

Hardisk dan Solid State Drive atau SSD ini memiliki cara kerja yang berbeda. Hardisk seperti namanya bekerja dengan membaca piringan atau disk sedangkan SSD sendiri tidak menggunakan disk. Perbedaan cara kerja ini yang menyebabkan banyak hal yaitu perbedaan kecepatan serta perbedaan daya. HDD biasanya memerlukan daya lebih tinggi daripada SSD dan juga SSD sendiri tidak berisik dan tahan akan guncangan tidak seperti HDD yang memiliki suara dengung akibat dari putaran disk tersebut.



akan tetapi SSD juga bukan tanpa celah, kemampuan menulisnya akan mengalami kelambatan bila ada page yang tidak teratur. Jadi untuk ketahanan bila dibandingkan dengan HDD dengan penggunaan normal maka HDD masih memiliki umur yang lebih lama dibanding SSD.

Cost

Untuk masalah harga ini SSD jauh lebih mahal dibandingkan HDD bila kita bandingkan dengan kapasitas yang serupa. Contoh kita bandingkan harga 1 TB HDD itu saat ini dikisaran angka 1 juta untuk seri Western Digital Black Series, sedangkan untuk 1 TB SSD dengan seri yang sama harganya berkisar diatas 3 jutaan.

Kesimpulannya SSD memiliki keunggulan terutama dalam soal membaca data, namun daya tahannya tidak sebaik HDD serta harganya sendiri juga masih cukup mahal terutama untuk yang berukuran besar. 

Tidak ada komentar