>

Cara berpindah Halaman / Activity Pada Aplikasi Android


Wah udah lama ga update nih, kali ini saya mau membahas cara pindah halaman pada android.
Lebih banyak yang menyebut bahwa halaman pada aplikasi android yaitu sebuah activity, namun saya akan menggunakan halaman untuk mempermudah pemahaman.


langsung saja disini saya membuat project bernama pindah halaman. untuk langkah berikutnya seperti mengatur SDK tidak ada yang saya rubah atau default.

Gambar 1. Membuat project "pindah halaman"

Gambar 2. Mengatur SDK

oke kemudian disini saya mengganti nama activitynya menjadi halaman 1.

Gambar 3. Mengganti nama activity menjadi "halaman1"

Kemudian kita buat isi dari halaman pertama, disini saya hanya menggunakan teks "Halaman Satu" dengan id "teks1" dan sebuah tombol atau button "ke halaman dua" dengan id "tombol1".

Gambar 4. Mengatur isi halaman pertama

Gambar 5. Mengatur isi halaman pertama (2)

Oke kita buat halaman keduanya dengan cara klik kanan pada layout > new > layout resource file. Saya berikan nama "halaman2"

Gambar 6. Membuat Halaman 2

Gambar 7. Memberi nama "Halaman2"

Buat isi halaman keduanya, disini saya sama seperti halaman pertama hanya menggunakan teks "halaman 2" dengan id "teks2" dan tombol "ke halaman 1" dengan id "tombol2"

Gambar 8. Mengatur isi halaman kedua

Gambar 9. Mengatur isi halaman kedua

Untuk tampilannya kita sudah buat, berikutnya untuk coding .javanya nih. disini saya menggunakan
startActivity(New Intent(Halamansekarang.this, Halamanyangdituju.class);
kode diatas digunakan untuk berpindah activity, seperti saya contohkan pada gambar berikut. oiya karena saya ingin ketika berada dihalaman kedua saya ingin kembali ke halaman 1 maka saya buat juga kode seperti diatas untuk halaman2.java. Jangan lupa untuk membuat halaman2.java dengan cara klik kanan pada folder com.example.genoside(contoh pada komputer saya) yang tidak ada tulisan AndroidTest, kemudian klik new > lalu pilih java class. Disini saya memberi nama halaman2.java
Gambar 10. Membuat file .java


Gambar 11. Isi halaman1.java

Gambar 12. Isi halaman2.java

nah belum selesai nih, sekarang buka android manifest.xml, tambahkan kode untuk menambah activity, namanya berdasarkan layout halaman2 yang tadi kita buat ya.

Gambar 13. Menambahkan activity pada android manifest.xml

Hasilnya akan seperti ini nantinya.

Gambar 14. Contoh halaman 1

Gambar 15. Contoh halaman 2

Kira-kira begitu cara singkatnya untuk berpindah dari halaman pada Android. Apabila ada yang masih bingung atau mau mengirimkan kritik dan saran silahkan untuk berkomentar tapi yang sopan ya hehe.
Sekian dari saya terima kasih.

Tidak ada komentar