>

Apa bedanya mouse gaming dengan mouse biasa?

Sekarang ini gear-gear gaming banyak bermunculan dengan fitur-fitur yang memanjakan para gamers, mulai dari mekanikal keyboard sampai mouse gaming dengan adanya tambahan tombol selain klik dan scroll dan memiliki fungsi Macro. Sebenarnya apa bedanya mouse biasa dengan mouse gaming. Berikut adalah contoh dari mouse gaming.
Image Courtesy Ngelag.com
Nah meski mouse gaming ini kalau dilihat-lihat ya memiliki bentuk yang unik-unik dan sangat futuristik kalau dalam bahasa saya, serta adanya tombol-tombol lain. Kebanyakan berada di sebelah kiri mouse jadi mengkliknya menggunakan jempol namun ada juga ditempat-tempat lain seperti dekat scroll atau dekat klik mouse baik dikirinya maupun dikanan.

Kalau dilihat secara spesifikasi banyak perbedaan antara mouse gaming dengan mouse biasa walaupun fungsi umumnya sama yaitu untuk klik. Apa saja perbedaannya mari kita bahas.

Resoulusi DPI

DPI itu adalah Dots per Inch, mouse biasa itu memiliki nilai DPI diantara 500-800 sedangkan mouse gaming jauh diatas itu nilainya yaitu 2000 keatas. Semakin tinggi DPI mouse maka akan semakin terasa lebih cepat dan lebih akurat dalam mengarahkan kursor. Hal ini sangat bermanfaat terutama untuk kalian yang bermain game FPS atau Battle Royale yang memerlukan presisi kursor yang baik. Dengan tingginya DPI, tingkat akurasinya bisa semakin baik dan sangat berguna.

Fungsi Macro

Ini adalah fitur yang sebenarnya masih kontroversial digunakan dalam beberapa game, yaitu Macro dan Keystroke. Contoh penggunaan macro ini jadi kita bisa melakukan banyak action hanya dengan satu klik. Hal ini sangat mempermudah permainan. Namun dalam game Dota 2 baru-baru ini ada kasus tim Thunder Predator didiskualifikasi dari The International yang merupakan salah satu turnamen terbesar di Dota 2 dan dunia ini karena menggunakan fitur Macro ini.

Banyaknya warna LED

Yang paling terlihat bedanya mouse gaming dengan mouse biasa adalah bentuk dan warnanya. Selain seperti yang sudah disebutkan diatas memiliki bentuk yang unik-unik, mouse gaming juga memiliki LED sehingga terlihat sangat menarik. Contoh mouse gaming Razer memiliki LED berwarna hijau yang merupakan ciri khasnya, Logitech juga tidak ketinggalan memiliki LED dan corak berwarna biru. 

Tidak ada komentar