>

Lineage 2 Revolution Mulai Sepi, Ada apakah?

Lineage 2 Revolution, Game yang sempat sangat booming pada beberapa waktu lalu ini mulai sepi ditinggalkan para pemainnya. Bahkan beberapa youtuber tanah airpun satu-persatu mulai meninggalkan game ini. Apa penyebabnya mereka mulai meninggalkan game ini?



Lineage 2 Revolution ini sebenarnya baru dirilis pada 14 Maret 2018 lalu oleh Netmarble. Game ini bertema MMORPG dan merupakan sekuel langsung dari Lineage 2 yang dirilis untuk versi PC pada tahun 2003 dengan latar belakang cerita yang diambil 100 tahun setelah cerita dalam Lineage II: Goddess of Destruction yaitu menceritakan masa-masa kelam jatuhnya Elmoderan Empire. Dengan adanya 4 ras yang bisa dipilih sehingga banyak variasi job dan setiap ras memiliki kelebihan masing-masing untuk jobnya.

Mengusung konsep Open World Jadi map yang bisa dijelajahi sangat-sangat luas. Tempat mobs spawn tidak akan berada dalam satu area yang kecil, melainkan tersebar dengan cukup luas, dalam satu map sendiri pastinya terdiri dari beberapa tipe mobs, Area mini boss serta terdapat field boss untuk setiap mapnya. Seharusnya sih dengan konsep Open World seperti ini pemain tidak akan bosan dengan game ini.

Namun nyatanya banyak pemain mulai meninggalkan game ini, mengapa saya berani berbicara seperti itu? karena beberapa tempat yang seharusnya sangat-sangat ramai mulai sepi sekali seperti di Extraction Dungeon. Ada banyak alasan para pemain ini mulai meninggalkan Lineage dan para youtuber pun satu persatu mulai pula meninggalkan game ini seperti contohnya Mr Vivid dan Edo. Disini akan saya rangkumkan berbagai alasan mengapa para player meninggalkan game ini.

Mr vivid dan Edo, duo youtuber yang memtuskan pensiun dari Lineage II Revolution
Link youtube Mr Vivid : Youtube Mr Vivid
Link Youtube Edo: Youtube Edo

1. Source yang digunakan terlalu tinggi

Disini saya juga sangat setuju dengan alasan ini, saya sendiripun kemarin mencoba streaming Lineage 2 Revolution ini menggunakan PC saya. Menggunakan Nox Player dengan saya beri RAM diangka 2Gb tanpa streaming game berjalan lancar, namun ketika saya mulai streaming game ini sering sekali crash karena penggunaan CPU dan RAM sangat tinggi padahal komputer saya menggunakan RAM 8Gb total dan prosesor Core i3 3,10 GHz walau masih seri ke-2.
Namun memang ketika saya menjalankan Lineage 2 Revolution di komputer saya tidak bisa bekerja karena sourcenya memang cukup banyak yang digunakan. Alasan ini juga yang menyebabkan Mr Vivid secara resmi pensiun dari Lineage 2 Revolution ini.


2. Fitur PK dan guild

PK adalah salah satu yang menyenangkan dari game namun ini bisa menjadi bumerang. Nyatanya di Lineage 2 Revolution banyak para player baru jadi korban PK level tinggi. Contohnya ketika di Extraction Dungeon ataupun di monster yang memiliki core dengan base status Attack. Hal ini memang sangat menyebalkan karena kita tidak melakukan apapun ketika di PK dan itu sangat menyebalkan membuat malas untuk bermain. Bahkan ketika guild kalian didaftarkan musuh oleh guild lain maka di map manapun kalian akan diserang oleh guild tersebut. Banyak oknum guild-guild besar dengan sengaja melakukan tersebut demi status mereka terlihat baik.


3. Membosankan

Secara pribadi ini adalah faktor terbesar saya mengapa saya memutuskan tidak bermain game ini. Bosan, ya memang sangat membosankan. Walau konsep game ini MMORPG dengan konsep Open World seharusnya membuat game ini selalu menantang, namun nyatanya di game ini kita tinggal "AFK" saja maka level naik dengan cepat. Saya pun mencobanya selama seminggu ketika malam hari saya tinggal "AFK" dan level saya bisa naik 2 level dalam 1 hari.
Akhirnya lama-lama saya bosan juga game ini ditinggal AFK tau-tau naik level dan semakin sepi juga pelan-pelan ini game jadi saya ikutan pensiun dini juga.

Itu dia beberapa alasan mengapa game Lineage 2 Revolution ini mulai sangat sepi. Semoga nanti game ini akan ramai kembali seperti awal-awal game ini launching.

Tidak ada komentar