>

Microsoft menyiapkan Windows 10 Lean

Microsoft berencana akan membuat sistem operasi baru bernama Windows 10 "Lean". Dikarenakan Sistem Windows 10 yang ada saat ini memakan ruang media penyimpanan dan memori yang cukup besar sehingga untuk laptop serta tablet low-end dengan sering kali tidak bisa memasang fitur baru pada sistem operasi tersebut karena keterbatasan memori dan ruang penyimpanan.

Tampilan Windows 10
Microsoft berencana mengatasi hal tersebut dengan cara membuat Windows 10 versi "ringan" bernama "Lean" ini dikabarkan memiliki ukuran instalasi 2 GB lebih kecil dibandingkan dengan versi Windows 10 Reguler seperti Windows 10 Home atau Windows 10 Pro. Microsoft merampingkan versi Windows 10 reguler dengan cara membuang fitur dari Windows yang dianggap kurang relevan untuk perangkat low-end seperti Registry Editor, Browser dan fitur lainnya.


Windows 10 "Lean" ini sama seperti seri Windows 10 reguler serta masih mendapat dukungan penuh aplikasi win32 bila pengguna masih menggunakannya. Untuk sekarang Windows 10 Lean sedang dalam proses pengembangan dan dilaporkan masih memiliki banyak bug. Microsoft pun bisa saja mengubah rencana sewaktu-waktu. Belum tentu juga raksasa software ini bakal benar-benar merilis Windows 10 versi ringan tersebut.

Tidak ada komentar