>

Google Rilis Android Studio 3.1

Android Studio adalah IDE atau Integrated Development Environment resmi untuk membuat aplikasi berbasis android. Kini Android Studio sudah rilis versi 3.1 secara resmi dan bisa diunduh di halaman resmi disini. Pada versi Android Studio ini berfokus pada perbaikan kualitas produk dan produktifitas proses pengembangan aplikasi. Ada juga beberapa fitur baru di versi 3.1 yang sudah bisa dipakai. Berikut perbaikan dan penambahan fitur baru di Android Studio 3.1.

Image Courtesy Mindiventory

Kotlin

Pada rilis kali ini, Android Studio makin memberi dukungan kepada bahasa pemrograman Kotlin. Kali ini mereka meningkatkan kualitas di Lint code quality check-nya.
Apa sih itu Lint? Lint itu sebenarnya adalah sebuah software untuk memperingatkan kita akan adanya baris kode yang mencurigakan. Awalnya dikembangkan pada bahasa C namun sekarang sudah digeneralisasi termasuk untuk bahasa Kotlin sendiri.

Database Code Editing

Android Studio 3.1 menawarkan auto-complete untuk deklarasi @Query, refactoring perintah SQL yang lebih baik, dan navigasi kode SQL di dalam project.

IntelliJ Platform Update

Android Studio 3.1 turut menurunkan perbaruan dari IntelliJ 2017.3.3. fitur-fitur baru diantaranya Kotlin language intention dan built-in support untuk preview gambar SVG.

D8 Dex Compiler

Penggunaan D8 dapat membuat ukuran file menjadi lebih kecil, step debugging yang lebih akurat, dan proses build yang jauh lebih cepat.

Quick Boot

Nah ini fitur yang paling dinanti, saya akuin ketika menggunakan android emulatornya kendala saya adalah lama sekali proses loadingnya. Akhirnya saya memutuskan live langsung diperangkat android yang saya punya. Fitur quick boot akan aktif secara otomatis disemua Android Virtual Devices dan katanya dia mempunyai fitur resume sesi Android Simulator dalam waktu kurang dari 6 detik.

Network Profiler Updates: Threads & Network Request

Network Thread View ditambahkan untuk membantu menganalisis multithreaded network traffic. Network Request Tab juga ditambahkan untuk menyelami network request saat sedang berjalan.

Mungkin belum semua dibahas mengenai penambahan fitur di Android Studio 3.1 namun kalian bisa langsung mencobanya dan dapat diunduh dihalaman resmi web mereka disini. Bila kalian ingin mengetahui seluruhnya apa saja yang baru dari Android Studio 3.1 bisa langsung ditonton video berikut.


Tidak ada komentar