>

Postingan Blog Hilang di Homepage? Tenang Berikut penyebab dan cara mengembalikannya

Oke balik lagi bersama author kita yaitu saya Gilang Aditya. Nah ga jauh-jauh yang akan dibahas berikut ini pasti dialami dulu oleh saya baru diangkat jadi post wkwkw. Kali ini saya mengalami hal paling aneh dalam sepanjang sejarah saya menjadi author dan blogger yaitu postingan saya hilang. Hilangnya bukan dari mesin pencari, melainkan di homepage saya sendiri postingan saya tidak muncul, pusing kepala udah. Tenang-tenang saya googling dan saya nemu solusinya. akhirnya saya putuskan akan saya review disini.

Cara Mengembalikan Postingan Blog yang hilang


Nah jadi saya ceritain kronologinya dulu sedikit, jadi waktu itu saya sedikit penasaran bagaimana peforma post saya. jadi saya cek satu-satu kan melalui homepage kebetulan. Nah saya menyadari kok ada 3 postingan saya hilang. Langsung deh mode panik, nah langsung ikutin beberapa post orang lain terkait hal sama. Ada beberapa jawaban dari para blogger mengenai tentang post yang hilang ini dan saya rangkum di postingan kali ini temen-temen.

Penyebab Post Blog yang hilang

1. Membuat Artikel dari Copy Paste microsoft word

Nah siapa yang sering menulis artikel dari microsoft word lalu langsung di copy paste ke editor blog? Biasanya para blogger dan saya pribadipun sering menulis di microsoft word terlebih dahulu untuk melihat berapa banyak kata yang saya gunakan, apakah terlalu panjang atau terlalu sedikit isinya. Entah saya lebih menyukai bila mereview tulisan saya di microsoft word dibandingkan di editor blogger.

Nah memang kenapa kok bisa kalo copy paste langsung ke editor blog bisa menyebabkan tidak tampil di homepage?

Jadi microsoft word itu bisa dikatakan bukan sebuah text editor yang umum karena memiliki format khusus untuk microsoft. Karena tulisan di blog akan dibaca dalam format HTML, nah bila kita langsung copy paste tulisan dari word ke editor blog maka format penulisan word tersebut sendiri otomatis terbawa ke editor blog dan menyebabkan ketidaksinkronan sehingga blogger tidak bisa mengartikan kode tersebut. Solusinya adalah gunakan sebuah text editor seperti notepad, notepad++, atau bagi saya programmer php terbiasa menggunakan sublime text editor. 

2. Ukuran Homepage yang terlalu besar

Nah ini saya temukan dari blognya mas sugeng, nah mas sugeng ini salah satu blogger di Indonesia. Blog pun memiliki sebuah peraturan, menurut para blogger-blogger sebuah homepage blog ternyata memiliki batasan ukuran. Rumornya sih 1Mb aja. Ini juga saya belum tau pasti, tapi saya sangat yakin google pasti akan memblok bila ukuran homepage kita terlalu besar dengan sistem mereka.

Nah bagaimana cara mengatasinya untuk masalah ini? Kita gunakan fitur di blog yaitu Jump Break. fitur ini untuk membatasi halaman yang akan ditampilkan di homepage. Walau di homepage kita ada fitur Readmore, tapi bagi program akan dibaca penuh juga walau tidak ditampilkan dilayar. Saya menggunakan fitur ini dan saya berhasil mengembalikan 1 post saya dari 4 post yang hilang.
nah berikut blog mas sugeng yang membahas hal ini.

Blog Mas Sugeng : https://sugeng.id/cara-mengatasi-postingan-yang-hanya-tampil-satu-di-homepage/

Cara Menggunakan Jump Break

1. Login ke blogger.

2. Masuk ke menu "Pos".


Cara Mengembalikan Postingan Blog yang hilang-1

3. Klik "Edit" pada postingan.


Cara Mengembalikan Postingan Blog yang hilang-2

4. Kemudian masukkan "Jump Break". Biasanya saya menggunakannya setelah paragraf pertama.


Cara Mengembalikan Postingan Blog yang hilang-3


5. Jika Sudah, Klik "Perbarui".

3. Penggantian Tema

Hal ini berkaitan erat tadi dengan nomor 2, Mungkin tema kita terlalu berat seperti saya kemarin saya baru ganti tema blog ini dan 4 post saya hilang. Solusinya sih sama dengan nomor 2 yaitu menggunakan Jump Break. Atau dengan berat hati kembalikan temanya ke tema awal. Untuk kasus saya sendiri sih menggunakan fitur Jump Break dan seperti yang disebutkan tadi post saya dari 4 yang hilang akhirnya muncul 1 jadi sisa 3 post yang hilang.

4. Post yang tumpang tindih

Yang terakhir ini merupakan akar permasalahan saya, disini ketika sebelum mengganti Tema blog saya telah mengatur bahwa hanya 5 post yang tampil di homepage saya. Dan ternyata hal itu menyebabkan post saya tumpang tindih di tema yang saya gunakan saat ini. Ada banyak blogger yang membahas hal ini, katanya hal ini terjadi karena terlalu banyaknya gambar yang kita gunakan untuk post blog. ya hal itu saya akui ada benarnya, karena hal yang saya bahas biasanya tutorial-tutorial jadinya saya membuat banyak gambar untuk postnya agar lebih jelas dalam memberi tutorialnya. Akhirnya saya mengatur menjadi 7 post didalam homepage saya dan postingan saya semua telah kembali.


Cara Mengganti Total Post Yang Ditampilkan Di Homepage

1. Login ke blogger.

2. Masuk ke Menu Setting atau Pengaturan, lalu pas bagian Post ada show at most (entah apa versi indonesianya hehe) lalu saya ubah menjadi 7. Tidak harus 7 sih, ini pengaturan blog saya saja milihnya 7.



3. Setelah Selesai lalu klik Save atau Simpan Perubahan

Nah itu tadi hasil review saya, mengenai penyebab hilangnya postingan blog di homepage.
Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :


1 komentar:

  1. Kak gimana caranya supaya postingan kita gak muncul di homepage tetapi lewat label bisa? (tanpa pengaturan tanggal post)

    BalasHapus