>

Mengenal Perkembangan Komputer Generasi Pertama

Bertemu lagi sobat Repeatloop, kali ini saya membawakan topik mengenai materi kuliah saya ketika semester 1. Nah yang kita bahas kali ini adalah mengenai perkembangan komputer dari awal diciptakan sampai komputer pada generasi saat ini dimulai dari komputer generasi pertama.




Jenis-jenis komputer saat ini


Komputer pada saat ini memiliki berbagai macam fungsinya, mulai dari untuk membantu pekerjaan, pendidikan, untuk hiburan seperti bermain game, menonton film dan yang lainnya. Menurut Wikipedia, komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Namun secara luas komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang dapat bekerjasama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi dari program dan data yang tersedia.

Namun komputer pada permulaannya tidak sekecil, secanggih serta seringan seperti sekarang. Dalam pembagiannya sendiri ada 5 generasi dalamsejarah komputer. Kali ini kita akan membahasnya mulai dari generasi pertama.


Komputer Generasi Pertama


Komputer ENIAC yang merupakan salah satu komputer generasi pertama.


Generasi pertama komputer dimulai pada masa perang dunia kedua yaitu pada tahun 1941-1952, negara-negara yang terlibat perang ini mencoba membuat senjata canggih untuk memenangkan pertempuran. Mereka mengembangkan komputer untuk membantu dalam mendesain senjata.

Baca Juga : Cara Install Driver OCI8 pada XAMPP

Komputer generasi pertama mempunyai karakteristik berukuran sangat besar, serta menggunakan teknologi tabung vakum yang berukuran seperti lampu kecil. Namun tabung ini cepat panas dan mudah terbakar karena terbuat dari kaca. Diperlukan ribuan tabung vakum untuk mengoperasikan komputer generasi pertama yang menggunakan Bahasa mesin (Biner).

Ciri - ciri komputer generasi pertama dengan banyaknya tabung vakum.


Dengan banyaknya tabung vakum yang terbuat dari kaca ini tentu akan membuat ruangan cepat panas karena itu banyak ditambahkan pendingin ruangan untuk mengurangi panas dari tabung vakum.

Contoh tabung vakum


Ada beberapa jenis komputer generasi pertama ini yaitu pada tahun 1941, seorang insiyur Jerman bernama Konrad Zuse membangun komputer bernama Z3 yang berfungsi untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Replika Komputer Z3 yang ditampilkan di  Deutsches Museum di Munich Jerman.


Tahun 1943, pihak negara Inggris juga membuat komputer pemecah kode rahasia yang bernama Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh Jerman pada saat itu.

Colussus Computer


Kemudian ada Komputer ENIAC yang dirancang oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly dengan kerja sama antara pihak Amerika Serikat dengan University of Pennsylvania yang dibuat pada tahun 1943. Serta ada juga komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) oleh John Von Neumann yang dimana desain komputer arsitektur ini mengandalkan unit pemrosesan sentral (CPU) yang memungkinkan seluruh fungsi dikoordinasikan oleh satu sumber tunggal dan tipe arsitektur ini digunakan sampai 40 tahun berikutnya.


Komputer EDVAC dan penemunya yaitu John Von Neumann dan Arsitekturnya


Baca Juga : Apa itu Komputer Eniac?

Pada masa ini juga diciptakan komputer untuk komersial pertama yaitu UNIVAC (Universal Automatic Computer I) yang dibuat Remington Rand dan menggunakan model arsitektur Von Neumann.
Komputer UNIVAC I


Kira-kira itulah beberapa komputer pada generasi pertama yang berpengaruh pada perkembangan komputer selanjutnya. Pada kesempatan berikutnya saya akan membahas komputer pada generasi kedua sampai generasi sekarang yang kita gunakan saat ini.

Bila ada pertanyaan atau kritik saran bisa langsung sampaikan di kolom komentar. Terima kasih banyak.

Tidak ada komentar