>

Cara Mudah Live Streaming Game di Youtube

Hai Sobat Repeatloop. Saat ini banyak layanan Live Streaming yang bisa digunakan untuk membagikan aktivitas ke internet salah satunya adalah melalui Youtube. Banyak orang membagikan aktivitasnya diantaranya adalah bermain game. Disini saya akan membahas bagaimana cara mudahnya untuk Live Streaming Game di Youtube.



Disini ada software yang harus kalian download untuk bisa melakukan Live Streaming Game. Ada beberapa software yang bisa digunakan namun kali ini saya mencontohkan menggunakan Xsplit karena fitur Monitor Capturenya bisa memilih bagian layar mana yang ingin diambil. Kemudian disini saya membagi dua tahapan yaitu pertama untuk Setting akun Youtubenya agar bisa digunakan untuk Live Streaming dan yang kedua pengaturan untuk menghubungkan Xsplit ini ke Youtube.

Download : Xsplit

1. Setting Akun Youtube

Pertama kita melakukan pengaturan dulu di Channel Youtube kalian. Caranya adalah klik profil akunmu di pojok kanan atas di halaman Youtube kalian lalu pilih Creator Studio.


Setting Channel Youtube

Kemudian pada Dasbor menu yang terdapat disebelah kiri pilih Live Streaming. Lalu klik Mulai. Setelah itu nanti anda akan diminta melakukan verifikasi akun Youtube anda dengan menggunakan nomor handphone anda. Nanti anda akan diminta untuk memilih dikirimkan kode verifikasi ke nomor handphone anda menggunakan pesan suara atau dengan cara pesan singkat. Setelah anda mendapatkan nomor verifikasi anda lalu isikan dan proses verifikasi selesai.

Memulai Live Streaming

Setelah selesai nanti akan keluar tampilan seperti ini yang menandakan bahwa akunmu sudah dapat digunakan untuk Live Streaming.

Akun Youtbe Siap Digunakan

Baca juga : Cara Live Streaming Game di Twitch.tv


2. Setting Xsplit

Kemudian kita setting Xsplit Broadcasternya. Saya pribadi pertama kali menggunakan Xsplit baru pertama kalinya ketika menulis ini. Tampilan programnya cukup sederhana dan kalau kalian pernah menggunakan software lain seperti Open Broadcast System pasti kalian sudah mulai paham karena sebagian fungsinya hampir sama seperti Xsplit ini. Oh iya untuk menggunakan Xsplit ini kalian harus membuat IDnya dulu, ketika pertama kali membuka program ini nanti kalian bisa daftar disitu.

Tampilan Awal Xsplit Broadcaster

Kemudian untuk menambahkan source yang ingin kita tampilkan ada berbagai macam cara kalian bisa klik Tombol Add. Disini saya mencontohkan cara mudahnya menggunakan fitur Screen Capute. Selain mudah, Game yang saya mainkan tidak terdeteksi oleh Game Capture ini :P.

Memilih Source Screen Capture

Di Screen Capture ini setelah kalian pilih menunya kalian bisa mengatur bagian mana saja yang ingin kalian tampilkan nanti di Channel Youtube kalian.

Memilih Bagian untuk Screen Capture

Setelah itu nanti akan tampil preview dari bagian yang kita pilih, nah di Xsplit ini kita bisa mengatur ukurannya serta bisa mengubahnya dengan menghiraukan Keep Ratio yang dimana fitur ini memungkinkan kita mengatur ukuran source sesuka hati. Caranya dengan bisa langsung pilih source yang kalian ingin ubah lalu pilih Settings

Baca Juga : Cara Merekam Tampilan Desktop Komputer

Untuk mengatur ukurannya bisa langsung klik sourcenya di layar preview, kemudian arahkan mouse ke ujung source yang kita ingin ubah ukurannya, klik dan drag mouse untuk mengatur besar kecilnya ukuran source.



Fitur Keep Aspect Ratio Bisa Dihilangkan

Nah selesai mengatur source yang ingin kita tampilkan kemudian tinggal menghubungkan Xsplit ini ke Youtube Live. Caranya pilih menu Outputs lalu pilih set up a new output dan pilih Youtube Live. Kemudian akan tampil menu seperti dibawah ini.


Setup Youtube Live

Nah disini kalian tinggal klik Authorize dimana setelah itu kalian diminta memasukkan email dan password Gmail kalian yang digunakan untuk Youtube Live yang tadi sudah diaktifkan. Lalu klik Allow untuk mengizinkan aplikasi Xsplit ini mengakses Channel Youtubenya. Setelah Output Youtube Livenya selesai disetting, kalian bisa langsung menjalankan Live Streamingnya dengan cara klik langsung di menu outputnya dan selesai. Bisa kalian cek channel kalian apakah sudah aktif Live Streamingnya atau belum.

Cara Memulai Live Streaming

Kiranya begitu caranya agar bisa Live Streaming Game kesukaan kita di Youtube. Bila nanti ada tips dan trick lainnya akan langsung diupdate agar Channel Youtube kalian makin keren :p

Sekian dari saya dan terima kasih.

Ini nih gan ada juga tutorialnya versi videonya. Monggo ditonton yaaa.




Tidak ada komentar