>

How To : Open CSV in Excel without Mess it

Pernah ga kalian berhadapan dengan file CSV yang ketika dibuka dengan Microsoft Excel hasilnya menjadi berantakan? Semua data ada di kolom A. Duh, padahal lagi butuh cepet, mau ngedit satu-satu PR banget iya kan? Ternyata ada lho caranya untuk mengatasi permasalahan ini






Ini terjadi ketika aku ada kerjaan kemarin yang mengharuskan membuka file CSV dengan Excel. Ya memang untuk beberapa kasus bisa sih. Tapi bagaimana kalau datanya berupa nomor telepon yang angka depannya pasti 0? Ketika dibuka dengan Excel, angka 0 di depan tersebut akan hilang dan data menjadi tidak valid lagi. Mau nambahin 0 satu-satu, PR banget, yha kan?

Nah, gini nih caranya.

Buka file CSV yang akan di convert menggunakan Notepad atau Notepad++.



Kemudian copy semua isi filenya (shortcut : Ctrl + A kemudian Ctrl + C)





Buka program Microsoft Excel, paste as Text. Semua data akan berada pada kolom A. 





Blok kolom A. (Pastikan hanya kolom A saja yang terblok). Klik Data, Pilih Text to Columns.




Pilih Delimited. Kemudian klik Next.




Pada kolom Delimiters, pilih centang Comma. Pada data preview akan terlihat data yang sudah dipisahkan menjadi kolom-kolom. Klik Next.




Selanjutnya memilih data format tiap-tiap kolom, klik kolom yang berisi data nomor telepon, ubah data format menjadi Text. Klik Finish.




Voila, data pun sudah tersusun rapi sesuai format yang kita inginkan.




Ga jadi deh repot-repot nambahin angka 0 satu-satu pada datanya. Biasanya data-data yang berawalan 0 itu antara lain Nomor Induk Karyawan, Nomor Induk Siswa, (pokoknya Nomor-nomor Induk deh ya), nomor rekening, dan nomor telepon. Jadi ga ribet nanti kalo misal mau buka di excel, otak-atik data lebih enak, data pun tetep valid. 

Sekian ya tips Open CSV in Excel without Mess it, semoga bermanfaat.

Credit : http://superuser.com/questions/407082/easiest-way-to-open-csv-with-commas-in-excel

Tidak ada komentar