>

Cara Install Yii Framework dengan XAMPP

Halo semuanya. Apa kabarnya nih para pelajar yang tidak pernah lelah belajar? Azek dah. Maafin ya ini blog jarang-jarang banget updatenya, udah kaya lebaran aja. Eh tapi ga lebaran juga sih. Soalnya author baru aja pindahan dari Semarang ke Jakarta pasca wisudaan dan lagi sibuk jadi job seeker hehe. Dan sekarang author punya mainan baru, namanya Yii. Dari dulu author paling gabisa pake yang namanya framework karena emang dodol aja sih, *dasar males*. Sekarang lagi belajar pake framework karena tuntutan jaman ._.
 
Ada yang udah pernah denger Yii Framework? Yii (dibaca:I) adalah framework (kerangka kerja) PHP berperforma tinggi dan berbasis komponen untuk pengembangan aplikasi web. Framework ini mengizinkan reusability maksimal dalam pemrograman web dan dapat mengakselerasi/mempercepat proses pengembangan aplikasi web. Yii (E) merupakan akronim dari easy, efficient, dan extensible. 

Yii ini merupakan framework pemrograman web yang bisa digunakan untuk mengembangkan segala macam aplikasi web karena ringan dan dilengkapi dengan solusi caching, dimana hal ini sangat cocok untuk mengembangkan aplikasi dengan trafik tinggi, seperti forum, portal, CMS, maupun e-commerce.
Oke deh langsung aja sekarang kita install si Yii ini.

Pertama, silahkan download file Yii disini.

Pastikan bahwa Apache dan MySQL sudah menyala.
Setelah berhasil di download, ekstrak file tersebut dan pindahkan ke folder htdocs dan ubah namanya agar mudah menjadi yii.

Buka browser, kemudian ketikan localhost/yii/requirements/ untuk melihat apakah semua persyaratan untuk memasang framework ini sudah lengkap. Jika sudah, akan muncul tabel seperti dibawah ini.

Buat folder lain pada folder htdocs dengan nama latihanyii.
Langkah selanjutnya, go to cmd. Bisa dengan menekan Windows+R, kemudian ketikkan cmd, lalu Enter.

Pada jendela cmd, ketikkan cd c:\xampp\php
Kemudian ketikkan c:\xampp\htdocs\yii\framework\yiic webapp c:\xampp\htdocs\latihanyii
Ketika muncul pertanyaan Create a Web application under 'C:\xampp\htdocs\latihanyii' ketik Y.


Saat framework sudah terpasang, maka akan muncul tulisan Your application has been created sucessfully under C:\xampp\htdocs\latihanyii.
Buka browser, ketik localhost/latihanyii


Nah, begitulah cara install Yii Framework dengan XAMPP. Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar