>

GoSublime, Jadikan Sublime Sebagai Editor Golang.

Ditulisan sebelumnya, saya telah mengajak pembaca untuk berkenalan dengan Golang dan mencoba melakukan instalasi Golang hingga siap digunakan. Hari ini saya akan mengajak pembaca untuk mempersiapkan editor yang akan kita gunakan dalam mengerjakan project Golang kita. Golang sebenarnya tidak membutuhkan editor atau compiler khusus. Bahasa pemrograman ini dapat ditulis menggunakan editor apa saja, kita dapat memilih dengan bebas editor apapun yang biasa kita gunakan.



Kali ini saya akan menggunakan editor yang biasa saya gunakan sehari-hari, yaitu Sublime. Beberapa dari pembaca disini juga mungkin familiar dengan editor ini dan mungkin sudah beralih karena bosan, tapi saya belum karena saya baru satu tahun memakainya. Saat ini versi paling baru dari Sublime adalah Sublime 3. Beberapa bulan lalu saya masih menggunakan Sublime 2 walaupun saya mengetahui bahwa Sublime telah lama merilis versi 3. Semua tidak lain tidak bukan karena warna, saya pernah mencoba Sublime 3 dan kemudian saya tidak menemukan color scheme Pastel in the Dark, dimana color scheme itu sudah menjadi patokan saya untuk membedakan fungsi dan variabel. Namun karena saya kemudian belajar Golang, dimana Sublime 2 tidak support dengan package GoSublime ini, maka akhirnya dengan berat hati saya putuskan untuk berpindah ke Sublime 3.

Apa itu GoSublime?


GoSublime merupakan sebuah plugin Golang untuk editor Sublime Text yang menyedikan code completion (melengkapi code secara otomatis) dan fitur-fitur lain layaknya sebuah IDE. Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa GoSublime hanya support pada Sublime 3.

Fitur apa saja yang dimiliki GoSublime?


- code completion
- terdapat console built-in untuk Go (dapat diakses dengan menekan Ctrl + B)
- pengecekan kesalahan sintaks (lint) pada saat kode diketik
- lebih cepat jump ke bagian sintaks yang terdapat error

Bagaimana cara menginstall GoSublime pada Sublime?


Sebelum menginstall GoSublime, kita harus menginstall Package Control terlebih dahulu, berikut langkahnya :

1. Pertama-tama, pastikan kita sudah memiliki Sublime 3 pada laptop/PC kita. Jika belum, kita dapat mendownloadnya disini.


2. Kunjungi link https://packagecontrol.io/installation, kemudian copy beberapa baris kode yang ada pada halaman tersebut.



3. Pada Sublime, console dapat diakses dengan menekan Ctrl + `. Setelah console muncul, paste kode dari link yang ada di langkah nomor 2.




4. Ketik Enter dan tunggu proses selesai. Kita dapat mengetahui apakah proses sudah selesai dengan melihat tanda (=) yang ada dipojok kiri bawah. Apabila tanda (=) sudah berhenti bergerak, berarti proses instalasi sudah selesai.

5. Silahkan restart Sublime, dan package telah terpasang.

Kemudian dilanjut dengan instalasi GoSublime.


1. Pada editor Sublime, ketikkan Ctrl + Shift + P, masukkan install pada input, kemudian pililh Install Package.


2. Kemudian akan muncul input lain, ketikkan GoSublime, tekan Enter. Kemudian tunggu proses instalasi hingga selesai dan perhatikan tanda =


3. Setelah proses instalasi, restart Sublime. Plugin GoSublime telah terisntall.

Selesai, kamu sudah memiliki editor Golang yang IDE-like. Semoga tutorial kali ini bermanfaat dan tidak sulit untuk diterapkan. Happy coding!









Referensi : 
https://dasarpemrogramangolang.novalagung.com/4-instalasi-editor.html

Tidak ada komentar