>

How To : Install XAMPP pada Port yang berbeda.

Hi, welcome back to our blog dan selamat datang kembali ditulisan saya. How's life Geek? Semoga weekendmu menyenangkan.
Hari ini saya akan sharing tips receh (alias tips yang sederhana, ga rumit, dan ga penting-penting amat). Tapi jadi penting banget buat orang seperti saya yang lagi seneng explore. Seperti yang bisa kalian baca di judul, hari ini kita akan bahas tips mengenai bagaimana caranya ada 2 XAMPP dalam satu PC.

Seperti yang kita tau, XAMPP merupakan sebuah paket komplit yang terdiri dari service Apache web server, DB MySQL, FileZilla, dan Apache Tomcat. Apache web server pada XAMPP umumnya berjalan di port 80. Oke, sedikit curhat. Misal kita punya pekerjaan yang mengharuskan kita menggunakan PHP 5.3 (XAMPP 1.7), sedangkan kita ingin menginstall (explore) framework lain yang membutuhkan PHP 5.5 keatas. Bagaimana cara menginstall 2 XAMPP agar keduanya bisa berjalan di port yang berbeda sehingga tidak saling mengganggu?

Langkah pertama, install XAMPP versi terbaru.
Saat memilih folder, tempatkan di partisi yang berbeda dengan XAMPP yang sudah ada sebelumnya.


Setelah instalasi selesai, jalankan XAMPP Control Panel. Klik Config, kemudian klik Apache (httpd.conf). File tersebut akan terbuka dengan Notepad (atau Notepad++).


Ubah Listen 80 menjadi Listen 8080 (8080 hanyalah contoh port yang saya pakai, bisa diganti sesuai kebutuhan atau keinginan).


Kemudian Ubah ServerName 80 menjadi ServerName 8080.




Kembali ke XAMPP Control Panel, klik Config, kemudian klik Apache (httpd-ssl.conf).


Ubah Listen 433 menjadi Listen 4332. (4332 adalah contoh)




Kemudian ubah VirtualHost menjadi 4332. (Jangan lupa untuk menyimpan kedua file tersebut jika sudah selesai mengubah konfigurasi)



Setelah itu kembali ke XAMPP Control Panel. Jalankan Apache. Ketika Apache telah berjalan, kita dapat melihat port yang digunakan oleh service Apache tersebut, apakah sesuai dengan port yang telah kita konfigurasi.
Akses web server tersebut melalui browser dengan URL localhost:8080/



You're arrived, congratulation!

Sekian tips receh ini, semoga bermanfaat. Sekali lagi, have a nice weekend and thank you!

Tidak ada komentar