>

Perulangan dengan For dan While

Hai semuanya, apakabs *eh tunggu, itu punya youtuber kondang*. Duh repeat loop udah lama ditinggal sama kita. Masya Allah debunya... *nyapu dulu*. Maafin ya akhir-akhir ini kita sibuk ngurusin wisuda yang tiada akhir urusannya. Sumpeye ga kelar-kelar. Lelah. Oke cukup curhatnya. 

Sekarang kita akan membahas tentang perulangan atau iterasi atau loop. Eaa, sama kaya blognya, repeat loop. Ada beberapa metode perulangan, sebenarnya saya lupa ada berapa. Yang paling saya ingat itu ada tiga; for, while, dan do while. Nah kali ini kita akan membahas 2 metode saja, yha, seperti bisa kalian lihat pada judul.

for

 Dalam perulangan for, hitungan berapa banyak perulangan yang akan dilakukan, dinyatakan terlebih dahulu. Dalam metode ini, ada tiga hal yang harus diperhatikan; kondisi awal, penguji (kondisi akhir), penambahan atau pengurangan.
Berikut contoh perulangan menggunakan metode for.
Soal : Tampilkan bilangan genap antara 20-50 menggunakan for.





Bisa kita lihat diatas pada baris for (int i = 20; i <=50; i++);
int i = 20 merupakan kondisi awal, seperti yang diminta pada soal. i<=50 merupakan penguji/kondisi akhir. Sementara i++ merupakan penambahan. i akan terus bertambah hingga mencapai jumlah 50. ketika i mencapai angka 50, maka perulangan berhenti dikerjakan.

while

 Perulangan while akan terus dikerjakan apabila suatu keadaan bernilai benar. Berbeda dengan for, while tidak memiliki elemen-elemen seperti kondisi awal maupun kondisi akhir. Perulangan while hanya memiliki satu kondisi yang mana, jika kondisi itu terpenuhi, maka perulangan akan terus dijalankan. Berikut contoh dari perulangan while.

 
Dapat dilihat pada contoh diatas, jika a bernilai kurang dari sama dengan 5 maka perulangan masih akan terus dijalankan.

Bonus :
Nesting loop

Iseng banget googling perulangan segitiga, eh nemu disini ternyata. Dari dulu selalu susah bikin kaya gini, eh udah lulus malah baru bisa. Tenang, ini ga copas kok. tapi ATM :p
Nesting loop merupakan perulangan yang berada didalam perulangan lain. Pusing? Kalo iya, sama. Langsung liat contohnya aja yah :D



Nah segitu aja bahasan saya kali ini soal perulangan/loop/iterasi menggunakan for dan while. Semoga bermanfaat!


3 komentar:

  1. salam kenal mbak, template nya ga di edit Credit link nya mbak, biar jadi kluarnya Copyright@2016 Repeat Loop, kan jadi lebih bagus klo tampilan nya ga pakai Credit link

    BalasHapus
  2. halo mas emzi, ini templatenya geratisan, bentuk terimakasih aku sama yang punya template, soalnya aku juga ga bayar hehehe. Makasih ya sarannya, salam kenal juga :D

    BalasHapus