>

MICROTRANSACTION MENYERANG PS5, APA ITU MICROTRANSACTION DALAM GAME?

Playstation 5 telah hadir. Namun berbagai gamer dari belahan dunia dihadapkan dengan sebuah permasalahan bernama "MICRO TRANSACTION". Sudah banyak sekali meme bertebaran mengenai hal ini, namun taukah kalian apa itu Microtransaction tersebut?


MEME MICROTRANSACTION PALING TERKENAL

Dikutip dari gamebrott.com terdapat ilustrasi mengenai fitur yang akan dihadirkan oleh Sony pada PlayStation 5 yaitu fitur petunjuk untuk membeli item. Namun bila kita lihat itu akan seperti Micro Transaction pada game. Nah Sebenarnya apa itu Micro Transaction dalam sebuah game ini?

Menurut Wikipedia Micro Transaction adalah sebuah bisnis proses dimana pemain dapat membeli item atau fitur dengan sejumlah uang asli. Biasanya ini terdapat pada game-game yang bersifat free-to-play dan digunakan untuk mendapatkan keuntungan bagi developer game tersebut. Contohnya seperti berikut.

Contoh Microtransaction
Jadi sederhananya kalian bisa menjadi hebat dengan membayar sejumlah uang untuk membeli item-item hebat di dalam game tersebut dan hanya bisa didapatkan dengan membayar sejumlah uang tersebut. Dan karena inilah maka muncul istilah Freemium atau Pay To Win. Namun tidak selamanya istilah itu ada, karena ada banyak hal Micro Transaction salah satunya hanya untuk kosmetik karakter atau yang sering disebut dengan Skin semata sehingga keseimbangan didalam game masih terjaga.

Jadi Bagaimana tentang Microtransaction menurut kalian?

Tidak ada komentar