>

Apa Sih Mechanical Keyboard itu?



Saat ini ada banyak perangkat gaming salah satunya adalah Keyboard. Untuk mendukung gamer menjadi seorang profesional gamer di perlukan keyboard yang memberikan hasil terbaik dan tentunya kenyamanan bagi pengunanya, salah satunya dengan menggunakan jenis keyboard yang disebut dengan Mechanical Keyboard. Kalian yang masih asing dengan apa itu Mechanical Keyboard kali ini Repeatloop akan memberikan gambaran secara umum perbedaannya dengan keyboard biasa.



Perbedaan Bahan utama Keyboard

Bahan yang digunakan antara Mechanical Keyboard dengan Keyboard biasa tentu sangat berbeda. Mechanical Keyboard sendiri berbahan dasar switch aktif dibawah tombolnya untuk menentukan kapan user tersebut menekan tombol. Berbeda dengan keyboard yang pada umumnya menggunakan membran karet sebagai kontak antara tombol dengan papan sirkuit. 

Komponen membran karet tersebut memang murah dibandingkan dengan menggunakan switch namun membran karet tersebut juga memiliki batasan sedangkan di Mechanical Keyboard dengan teknologi switch tersebut menghadirkan kualitas klik yang lebih pasti

Sumber Gambar : https://www.murdockcruz.com/2017/07/08/mechanical-keyboard-vs-normal-keyboard-apa-sih-perbedaannya/#.Xjk9ejIzbtQ

Perbedaan Cara Kerja Keyboard


Mungkin kalian pasti berpikir bahwa kita kan punya keyboard nih dan kita sendiri tau kapan kita harus menekan tombol mana dan nanti dilayar monitor akan tampil hasil dari kalian menekan tombol seperti saya mengetik tulisan ini. Namun untuk para profesional seperti gamer mereka perlu suatu keyboard yang sangat presisi dan tahan lama untuk menunjang pekerjaan mereka.

Keyboard biasa yang menggunakan membran karet bekerja dengan cara ketika tombol ditekan, saklar karet akan terdorong kebawah melalui lubang di membran tengah yang menghubungkan antara bagian atas dan bawah membran dan menciptakan sirkuit listrik yang menyebabkan keyboard mengirim masukkan ke komputer. Desain keyboard seperti ini memang relatif murah namun kadang kala tidak tahan terhadap berbagai macam hal seperti kena air, debu yang dapat menganggu kinerja keseluruhan dari keyboard.

Sedangkan Mechanical Keyboard menggunakan teknologi switch yang terdiri dari alas, pegas dan stem ini untuk mengirim sinyal pengetikan. Mechanical Keyboard ini dulu memiliki suara yang cukup kenyang ketika mengetik namun teknologi sekarang dengan berbagai macam tipe switch bisa membuat suara yang dihasilkan ketika switch ditekan tersebut bisa diredam. Karena teknologinya menggunakan switch inilah yang membuat Mechanical Keyboard ini jauh lebih awet dibandingkan dengan keyboard biasa karena tiap tombol memiliki 1 switch yang artinya 1 tombol dan tombol lainnya tidak terkoneksi seperti pada membran karet.

Sumber Gambar : https://www.murdockcruz.com/2017/07/08/mechanical-keyboard-vs-normal-keyboard-apa-sih-perbedaannya/#.Xjk9ejIzbtQ

Pilih Mana antara Mechanical Keyboard atau Keyboard Biasa?

Pada dasarnya kalian tidak wajib membeli Mechanical Keyboard ini ketika kalian itu hanyalah seorang pengguna komputer dengan normal dan menggunakannya sekedarnya saja. Namun berbeda cerita bila kalian adalah seorang pro player sebuah game atau anda seorang penulis anda boleh memiliki Mechanical Keyboard ini.

Tidak ada komentar