>

Apa itu OS Tizen pada Samsung Z2?

Hai sobat repeatloop. Kali ini ada yang mau kita bahas nih yaitu tentang OS Tizen, yaitu sistem operasi yang terpasang pada samsung Z2. Karena banyak yang masih bingung kok disamsung Z2 ini tidak ada google playstore, game yang biasa kamu bisa download dan mainkan atau semacamnya. Nah mari kita bahas lebih lanjut.

Contoh Perangkat menggunakan OS Tizen, Samsung Z2

Nah waktu pertama kemunculan hp samsung Z2 ini, banyak orang langsung tertarik. Alasannya sederhana yaitu murahnya harga yang ditawarkan yaitu sekitar 800 ribuan. Tentu banyak orang tertarik termasuk ayah saya sendiripun tertarik untuk membelinya.

Namun ketika iklan tersebut ditayangkan saya melihat bahwa sistem operasi yang digunakan bukan android, namun menggunakan tizen jadi ga bakal ada nih yang namanya download dari playstore. Nah apa sih tizen itu?

Tizen adalah sistem operasi yang bersifat terbuka atau lebih dikenalnya dengan istilah Open Source dengan memakai inti program kernel linux dan berada dibawah naungan Linux Fondation. Alasan dibalik penggunaan os tizen itu adalah pemakaian tenaga processor serta memori yang lebih sedikit dibandingkan dengan sistem operasi android.

Sebenarnya hp samsung yang menggunakan os tizen yang pertama adalah samsung Z1 dan diteruskan penggunaan os ini pada samsung Z2. Dan sebenarnya, os tizen ini juga diterapkan pada perangkat samsung lainnya seperti jam tangan gear S, Gelang gear fit, headset samsung Gear VR dan Smart TV samsung. 

Contoh perangkat menggunakan OS Tizen selain Samsung Z2

Rencananya nih, samsung akan menggunakan OS Tizen ini sebagai pondasi dalam penerapan internet of things atau IoT. Nah karena terbilang masih baru, jadi aplikasi-aplikasi yang dapat diunduh dan digunakan di samsung Z2 ini mungkin tidak sebanyak pada handphone berbasis android, namun untuk aplikasi chatting dan media sosial beberapa diantaranya sudah bisa digunakan di os tizen ini.

Pelan tapi pasti sih, semakin banyak pengguna biasanya nanti para developer juga akan mengembangkan aplikasinya pada os tizen, jadi mungkin sekarang adalah fase perkenalan kepada masyarakat mengenai os tizen.

Jadi kesimpulannya os tizen ini berbeda ya dengan android. Jika kalian ingin membeli handphone ini perlu diingat bahwa ada beberapa aplikasi yang belum ada pada os Tizen ini.

Tidak ada komentar