>

Apa itu META dalam dunia game?

Repeatloop - Bagi kalian yang sering main game terutama game MOBA atau game online lainnya pasti sering mendengar kata META. Nah apa sih artinya META itu? Mari kita bahas di Repeatloop.



Didalam dunia game kita sering kali mendengar kata META biasanya sering kita jumpai dalam MOBA. Singkatnya META itu adalah cara bermain yang mengikuti alur perubahan dari sebuah game. Dalam sebuah game terutama MOBA biasanya sering kali akan ada update atau patch dimana akan adanya perubahan baik dalam segi item, hero ataupun map seperti pada Dota 2 contohnya.

Perubahan dalam game tidak lepas dari kamus BUFF and NERF, Buff sendiri adalah peningkatan hero sedangkan Nerf sendiri adalah pengurangan dari kekuatan hero. Adanya buff dan nerf ini fungsinya adalah untuk menyeimbangkan permainan dan memperbanyak variasi taktik yang digunakan dan timbulah sebuah istilah bernama META atau Most Effective Tactic Available. Jadi META itu bisa dibilang adalah cara efektif untuk menguasai suatu game dengan update yang ada

Apakah kita sebagai player wajib mengikuti dan mempelajari Patch yang ada?


Bagi para Pro Player pasti wajib mengikuti perkembangan Patch yang ada. Sehingga mereka bisa membuat taktik yang bisa dibilang bisa menguasai permainan. Namun bagi kita yang sebagai player biasa bagaimana? apakah kita wajib mengikuti META yang ada?

Jawabannya kembali pada diri masing-masing. Namun bagi kita para player biasa juga tidak ada salahnya mengikuti patch agar kita lebih menguasai permainan. Toh kita juga yang bangga kalau MMR kita tinggi dibanding teman-teman kita iya ga?

Patch, Nerf, Buff apakah benar-benar mempengaruhi META? 

Nah untuk menjawab hal ini lebih mudah kita bandingkan di Dota 2 dimana saya memang benar2 mengikuti patchnya. Kita Bandingkan antara hero yang naik daun di patch 7.21 yaitu Drow Ranger.

Win Rate Dari Drow Ranger | Sumber : Dotabuff.com
Jadi para Pro Player biasanya menciptakan META mereka sendiri contohnya ketika Drow Ranger di Dota 2 ketika di patch 7.21 menjadi hero META karena skill Ultimatenya bisa instant kill Ancient creep yang mengakibatkan Farming dari Drow Ranger bisa sangat cepat ketika level 6. Namun ketika patch 7.22 Skill Ultimatenya di Nerf jadi tidak instant kill lagi ke Ancient maka hero tersebut hilang dari META saat ini.


Patch 7.22 | Sumber : Dota2.com
Win Rate Drow Ranger 7.22 | Sumber : Dotabuff.com
Ketika di Nerf dapat terlihat bahwa win ratenya menjadi turun, namun pick ratenya tetap masih stabil dikarenakan hampir banyak player jarang membaca Patch dan hanya mengikuti hero-hero yang di pick para pro player sehingga mereka berpikiran bahwa Drow Ranger masih bagus padahal hero tersebut sudah di Nerf.

Jadi Buff dan Nerf juga faktor dalam menentukan META sebuah game. Setelah mengerti arti dari META semoga kalian semangat belajar dan bereksperimen pada setiap perubahan yang terjadi didalam game agar menjadi gamer yang terbaik!

Tidak ada komentar