>

Masih Bingung Membedakan For, Foreach, dan Teman-temannya? Yuk Kenalan!

Halo sobat Repeat Loop, apa kalian masih kesulitan membedakan antara For dengan Foreach? Atau masih bingung dengan bentuk iterasi lain seperti While dan Do While? Pada post kali ini, perbedaan perulangan tersebut akan dibahas secara singkat namun (semoga) berhasil membuat kita paham akan kegunaan masing masing method iterasi.




Dimulai dari, apa itu Iterasi? Sering mendengar ataukah sering menggunakan?
Iterasi atau perulangan merupakan proses eksekusi sebuah blok kode tanpa henti sampai memenuhi suatu kondisi tertentu. Perulangan biasanya digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang sama namun dalam kuantitas banyak.
1.    Perulangan dengan menggunakan For
Dalam perulangan for ada 2 hal penting yang harus ditentukan yaitu, batas awal dan batas akhir. Batas awal yaitu nilai awal perulangan itu dimulai dan batas akhir adalah nilai dimana perulangan itu akan berhenti. Sebagai contoh adalah kode sederhana seperti dibawah ini
$i = 0; adalah batas awal dimana perulangan dimulai. $i <= 10 adalah batas akhir perulangan dimana perulangan berakhir, sedangkan $i++ adalah operator untuk variabel i. Sehingga perulangan akan dimulai dari variabel i bernilai 0, hingga variabel i bernilai 10.
Hasil running script diatas adalah seperti ini.

2.    Perulangan dengan menggunakan Foreach
Foreach sendiri sebenarnya merupakan perulangan yang biasa digunakan untuk memecah suatu array. Dengan foreach, array akan dipecah per-elemen sehingga kita dapat memodifikasi elemen-elemen array tersebut.
Contoh kode untuk foreach adalah sebagai berikut.

-    Variable key merupakan index/key pada array, sedangkan variabel value merupakan nilai dari elemen itu sendiri. Hasil running script diatas adalah sebagai berikut


3.    Perulangan dengan menggunakan While
While merupakan perulangan yang sedikit mirip dengan for, perbedaannya hanya pada letak batas awal dan batas akhirnya. Pada while batas awal didefinisikan terlebih dahulu sebelum syntax while, seperti pada kode dibawah ini


-    $i = 8; merupakan definisi batas awal dari perulangan while, dimulai dengan variabel i yang bernilai 8, kemudian pada bagian while ($i >= 0), jika diterjemahkan dalam bahasa manusia seperti “selagi nilai variabel i lebih kurang dari sama dengan 0, maka....” atau dalam generalnya “selagi statement yang ada didalam () menghasilkan nilai TRUE, maka....” eksekusi kode yang ada didalam blok while tersebut.
Hasil running script diatas adalah sebagai berikut


4.    Perulangan dengan menggunakan Do While
Do while adalah perulangan yang menempatkan while setelah blok kode do dieksekusi. Jika pada while, perumpamaannya adalah “selagi ekspresi yang ada didalam () menghasilkan nilai TRUE, maka....”, berbeda dengan Do While, Do while akan mengeksekusi blok kode terlebih dahulu sebelum memeriksa apakah statement yang ada didalam while menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Berikut contoh kode apabila statement didalam while bernilai TRUE.




-    Definisi awal, nilai variable i adalah 0, kemudian kode dalam blok do dieksekusi terlebih dahulu, apabila nilai dalam while adalah TRUE, yaitu nilai variabel i belum melebihi 10, maka perulangan akan dilanjutkan sampai while tidak lagi TRUE, yaitu nilai variabel i sudah mencapai 10.
Namun apabila nilai i sedari awal didefinisikan 11, setelah blok do dieksekusi 1 kali dan didapati bahwa nilai while adalah FALSE, maka perulangan tidak akan dilanjutkan. Seperti contoh kode dibawah ini


Hasil running dari script diatas adalah sebagai berikut.



Perulangan manakah yang paling sering kamu gunakan?




Tidak ada komentar