>

RF Online atau RP Online

RF Online atau RP Online. Yak itu judul bahasan kita kali ini. RF Online sendiri adalah sebuah game MMORPG dengan basis cerita tentang adanya tiga bangsa yang memiliki kemampuan spesial pada masing-masing bangsa saling bertarung di area tambang untuk mendapatkan barang mineral tambang yang bernilai tinggi. Perang antar bangsa ini terjadi setiap hari untuk memperebutkan area tambang tersebut.

Image Courtesy : KOTAKGAME
Ketiga bangsa tersebut yakni ada Accretia yaitu sebuah Ras Robot yang menguasai alam dengan senjata pembunuh mereka yaitu Launcher, Bellato yaitu bangsa yang memiliki tingkat ilmu pengetahuan yang tinggi namun memiliki ukuran badan yang kecil karena pengaruh gravitasi di planet asal Bellato, dan Cora adalah sebuah bangsa yang memiliki tingkat spiritual yang kuat.

Para bangsa tersebut memiliki pemimpin yang disebut Archon. Sistem pemilihan Archon diambil dari pemungutan suara para player. Dan sudah seperti hal yang wajib bahwa pemimpin bangsa harus memiliki kekuatan yang sangat besar melebihi dari para rakyat yang memilihnya. Untuk meningkatkan kekuatannya biasanya para Archon akan mencari senjata yang sangat kuat agar bisa membunuh bangsa lainnya.

Image Courtesy : Photobucket
Kita ambil contoh dari artikel xdetik yang berjudul "Rp 1 Milliar untuk Main Game". Tema bahasannya mirip yaitu membahas pengeluaran uang untuk bermain sebuah game. Ada sebuah pepatah mengatakan bahwa batas dari hobi itu adalah langit. Ya mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa bermain game buang-buang waktu apalagi sampai mengeluarkan uang untuk bermain sebuah game.

Sebelum membahas soal mengapa RF Online ini identik dengan Pay to Win ada baiknya kita harus memahami sifat alami manusia yaitu selalu ingin tampil terbaik dalam dunia apapun, hal ini termasuk juga didalam sebuah game. Siapa sih yang tidak ingin karakternya menjadi panutan didalam game? Menjadi salah satu karakter yang dikenal banyak orang memiliki suatu kebanggaan pribadi bagi para pelakunya.

Hal ini yang menjadi faktor utama mengapa banyak orang yang menghabiskan uangnya di RF Online yang memang notabenenya karakter yang paling kuat akan bisa membunuh bangsa lain dengan mudahnya. Biasanya juga ketika karakter kita kuat maka akan banyak orang yang memilih untuk karakter kita menjadi seorang pemimpin bangsa, bisa dibilang game ini juga sedikit ada politiknya dimana setiap pemimpin bangsa bisa mengangkat rakyat menjadi dewan yang memiliki kemampuan spesial yang berbeda-beda serta pemimpin bangsa bisa membuat kebijakan seperti aliansi dengan bangsa lain untuk bisa membuat bangsanya memenangkan war.

Baca Juga : HORE, SEKARANG PUBG MOBILE ADA VERSI LITE

Apakah mereka sebenarnya sadar bahwa mereka telah mengeluarkan uang yang bisa dibilang tidak sedikit untuk bermain RF Online? Total pengeluaran mereka sebenarnya banyak yang berupa hal-hal kecil namun banyak selain untuk membeli equipment yang memang harganya cukup lumayan, hal-hal kecil yang dimaksud adalah untuk membeli item mall atau mata uang bangsa yang kira-kira nilainya sekitar 400 ribuan serta jangan lupakan yang namanya Premium Service yang bisa menambahkan exp serta PT 2x yang kalau tidak salah harganya sekitar 175 ribu untuk 1 bulan Premium Service. Karena hal-hal kecil itulah mengapa banyak yang tidak bisa mengontrol pengeluarannya.

Dari data diatas bisa disimpulkan rata-rata kita membutuhkan minimal 200 ribu sebulan untuk membeli Premium Service, belum lagi untuk biaya internet serta listrik. Walau secara hitung-hitungan uang tersebut bisa kembali bila kita menjual mata uang bangsa yang harganya bernilai 400 ribu untuk 1 miliar mata uang tersebut. Namun mencari 1 miliar itu tidaklah mudah.

Jadi bisa disimpulkan sendiri sebenarnya game ini bernama RF Online atau RP Online dimana banyak sekali jalan pintas menuju hebat atau istilahnya Pay to Win. Namun apa kabar bagi para player yang istilahnya bisa kita katakan sebagai Free Player.

Apakah bisa kita tidak mengeluarkan uang atau minimal tidak mengeluarkan sebanyak yang sudah dicontohkan untuk bermain RF ini dan karakter kita bisa menjadi hebat? tentu sangat bisa namun prosesnya tidak instan serta kalian harus pintar-pintar mencari cara paling efektif dan efisien untuk bisa mencapainya.

Tidak ada komentar