>

Game Official Server atau Private Server

Game Online saat ini sudah memiliki banyak peminat, dari yang hanya bermain untuk mencari kesenangan semata maupun sebagai mata pencaharian. Bisnis game saat ini bisa dikatakan sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan baik sebagai seorang player maupun sebagai pemilik lisensi program.


Sumber : Youtube MMOByte
Di Indonesia sendiri industri game terutama game online semakin tumbuh dan berkembang yang dibantu dengan banyaknya penyedia jasa layanan internet walau untuk perangkat komputer sendiri harga untuk saat ini cukup terbilang mahal tapi tetap industri game online di Indonesia semakin banyak peminatnya.

Untuk bisa memiliki sebuah game online, kita harus memiliki lisensi dari publisher game tersebut. Contohnya Rising Force Online atau lebih dikenal dengan RF Online dengan publishernya dari CCR. Di Indonesia sendiri pemegang resmi lisensi RF Online adalah Lyto.

Sebagai pemegang lisensi, Lyto berhak untuk menjalankan game online tersebut. Selain itu pihak Lyto juga mendapatkan info tentang patch terbaru dari pihak publisher serta bisa menentukan kapan ingin merelease patch terbaru tersebut atau tidak sesuai dengan kondisi game tersebut.

Bila melihat pada game RF Online. Ada beberapa server lain yang berjalan diluar dari Lyto maupun official yang lain biasa disebut dengan Private Server. Private Server RF Online ini dikelola baik perorangan maupun grup namun ini diluar dari grup yang ditunjuk pihak publisher CCR sehingga bisa dikatakan ini ilegal.

Namun walau Private Server tetap ada beberapa pemain lebih menikmati bermain di Private Server ini dibandingkan dengan server officialnya dan bahkan bisa dipungkiri komunitasnya lebih besar dibandingkan dengan official server. Berikut mari kita bandingkan antara Official Server dengan Private Server.

1. Legalitas

Soal legalitas server sudah kita bahas sebelumnya diatas. Private Server bersifat ilegal karena diluar officialnya dan bersifat kustom sesuai dengan keinginan dari pemilik server serta private server tidak memiliki Terms Of Service atau aturan tertulis yang jelas seperti pada official server.

Walaupun poin pertama ini biasanya tidak dipedulikan oleh para pemain namun patut kita bahas, dengan adanya aturan yang memang dibuat oleh keputusan bersama player membuat komunitas tersebut terjaga. Namun terkadang keputusan tersebut berpihak sebelah dan itupun sebenarnya terjadi baik di server official maupun di server private. Itulah mengapa poin nomor satu ini sering dihiraukan oleh para player.

2. Harga relatif murah


Didalam official server, bila kita menginginkan suatu item yang hebat membutuhkan waktu, tenaga, serta uang yang cukup banyak untuk memilikinya. Istilah Pay to Win sudah sangat akrab mungkin dikalangan para gamer, namun di Private Server beberapa item bisa didapatkan dengan membayarkan sejumlah uang kepada Owner dari Private Server yang lebih kita kenal dengan istilah Donasi.

Donasi ini juga diperuntukan untuk biaya maintenace server dan kelangsungan kehidupan server itu sendiri. Banyak yang bermain di Private Server karena murah dan mudahnya untuk mendapatkan beberapa item hebat didalam game.

3. Umur Server

Official Server biasanya berumur lebih panjang dibandingkan dengan Private Server dikarenakan dalam Official Server banyak yang bermain dan mengisi Cash Coin untuk belanja di Item Mall game online tersebut. Sedangkan dalam Private Server biasanya hanya mengandalkan donasi dari para pemain seperti yang disebutkan sebelumnya.

Sehingga bisa dikatakan umur dari Private Server itu bergantung 

4. Tindakan Game Master

Disini merupakan hal mengapa banyak pemain senang bermain di Private Server dikarenakan Gamemasternya memiliki kuasa penuh didalam Game tanpa perlu berhubungan dengan pihak lain, sehingga bila ada keluhan atau apapun mengenai game akan cepat dibahas dan diselesaikan.

Sedangkan didalam Official Server pihak Gamemaster hanya menjembatani antara pemain dengan pihak Game untuk menyelesaikan hal-hal yang terjadi didalam game namun dengan banyak proses yang dilakukan seperti rapat internal dengan tim Game tersebut apakah mempengaruhi proses bisnis game tersebut atau tidak.

5. Pihak Manajemen Dekat dengan Player

Ini berkaitan dengan poin nomor 4, disaat Gamemasternya mudah dalam mengambil keputusan dikarenakan mereka berhubungan langsung dengan para player dan bisa dengan cepat mengambil keputusan. Para Gamemaster ini juga sering berhubungan dengan para player terutama karena private server sendiri poin menariknya adalah event-event yang bisa dibilang gratis tidak seperti di official server yang harus membeli item mall dan lain sebagainya ya walau tidak semua official server mengadakan event yang harus membeli item mall tersebut.

Beberapa player nyaman dengan mudahnya mereka menghubungi Gamemaster sehingga membuat rasa aman dalam bermain begitu terasa, menurut saya pribadi ini adalah hal yang paling dicari oleh setiap player dalam bermain game online.

Itulah beberapa perbedaan yang paling umum antara bermain game online di Official Server dengan di Private Server. Pilihan tetap kembali ke tangan para gamers sekalian sebelumnya.


Tidak ada komentar